Sabtu, 20/04/2024 - 16:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIGLOBAL

Dampak Perang Ukraina, Ekspor Mobil Bekas Jepang ke Rusia Melonjak

ADVERTISEMENTS

Penjualan mobil baru yang diproduksi di Rusia merosot sejak invasi Rusia ke Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 MOSCOW — Sanksi Barat membuat industri mobil Rusia terganggu. Hal ini menyebabkan penjualan mobil bekas meningkat di negara Eropa Timur tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Produk mobil bekas asal Jepang menyumbang lebih dari tiga perempat mobil bekasi yang diimpor oleh Rusia. Seperti dilansir dari laman Reuters, Jumat (4/11/2022) penjualan mobil baru yang diproduksi di Rusia telah merosot sejak Moskow mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada Februari, dengan sanksi membatasi akses ke suku cadang dan beberapa produsen asing menangguhkan operasi di negara itu.

ADVERTISEMENTS


Bersamaan dengan nilai tukar rubel yang lebih kuat telah mendorong permintaan mobil bekas dari Asia, dengan tantangan logistik sebagian disalahkan karena harga menjadi sekitar 10 persen lebih tinggi pada September daripada awal tahun.


Impor, yang dulunya menyumbang sekitar seperlima dari pasar berdasarkan volume dan setengahnya menurut pendapatan, belum sepenuhnya pulih. Impor mobil baru jauh di bawah level Februari pada Agustus, tetapi impor mobil bekas naik lebih dari dua kali lipat menjadi 23.117 dari 11.055.

Berita Lainnya:
Menhub: Pembangunan Transportasi Massal Tekan Kemacetan dan Polusi


Sebagian besar, 76 persen mobil bekas diimpor dari Jepang, dengan Belarus urutan kedua dengan pangsa 5,3 persen. Produsen mobil Jepang Nissan (7201.T) bulan lalu mengalami kerugian 687 juta dolar AS karena menyerahkan bisnisnya di Rusia kepada badan usaha milik negara seharga satu euro, sementara saingannya Toyota telah mengakhiri produksi kendaraan di Rusia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Barat telah menyetujui ekspor ke Rusia dari beberapa bahan yang digunakan dalam pembuatan mobil, sementara penghentian produksi semakin membuat sektor ini tertatih-tatih. Jepang telah memberikan sanksi ekspor mobil bernilai tinggi ke Rusia, tetapi mobil bekas yang diimpor oleh individu berada di luar kewenangan sanksi. Moskow juga mempromosikan skema impor abu-abu untuk memungkinkan pasokan barang berlanjut.


Hampir 70 persen dari 10.257 mobil baru yang diimpor pada Agustus berasal dari China, data menunjukkan. Perdagangan bilateral antara Rusia dan China telah melonjak tahun ini.

Berita Lainnya:
Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024


Pejabat bea cukai di kota pelabuhan Timur Jauh Rusia Vladivostok mengatakan pembeli individu mengimpor lebih dari 100.000 mobil melalui kota dari Januari hingga Agustus, meningkat hampir 50 persen.


Sementara itu, susunan pembeli berubah. Individu meningkatkan pangsa mereka dalam impor mobil baru menjadi 23 persen pada  Agustus dari dua persen per Februari.


“Satu dealer, karena kurangnya pengiriman mobil baru, telah beralih ke penjualan dan penyewaan mobil bekas,” kata bank sentral.


Setelah konflik Ukraina dimulai, Asosiasi Bisnis Eropa (AEB), yang mewakili perusahaan-perusahaan yang hadir di Rusia, merevisi perkiraan penjualan mobil baru 2022 menjadi turun sekitar 50 persen dari perkiraan pertumbuhan 3,3 persen. Pada Januari-September, penjualan mobil baru turun hampir 60 persen menjadi 506.661 unit.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi