Jumat, 19/04/2024 - 13:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Mendag Berencana Beri Subsidi Tepung Mocaf

ADVERTISEMENTS

Tepung mocaf dinilai berpotensi mensubstitusi terigu

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

BANJARNEGARA — Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berencana untuk memberikan subsidi bagi tepung yang terbuat dari singkong yakni tepung mocaf, guna mendongkrak daya saing produk ciptaan anak bangsa tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Ini kan karya anak muda, berpotensi mensubtitusi terigu, menyerap hasil pertanian rakyat. Kita harus dukung ramai-ramai,” kata Mendag di Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (4/11/2022).

ADVERTISEMENTS


Hal tersebut disampaikan Mendag saat menghadiri Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di Pendopo Dipayuda Adigraha, Banjarnegara. Mendag menyampaikan, tepung mocaf saat ini dibanderol dengan harga Rp 15 ribu per kilogram (kg), lebih tinggi dari harga tepung terigu yakni Rp 10.880 per kg.

Berita Lainnya:
Mendag Ungkap Sudah Terbitkan Izin Impor Bawang Putih 300 Ribu Ton


Dengan rencana pemberian subsidi, Mendag menyampaikan bahwa harga yang sampai ke konsumen akan menjadi Rp 12 ribu, sementara pemerintah pusat dan daerah akan mensubsidi selisih harga sebesar Rp 3.000 per kg. “Jadi mungkin akan dijual seharga Rp 12 ribu, kemudian Rp 3.000-nya subsidi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” ujar Zulkifli.


Pada kesempatan tersebut, Mendag juga turut meresmikan Rumah Mocaf di Banjarnegara dan menyaksikan penobatan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk penyajian kudapan berbahan dasar tepung mocaf terbanyak, yakni 20 ribu paket. “Hari ini saya berbahagia karena penobatan rekor MURI ini untuk tepung mocaf. Ini memberi contoh kepada kita bahwa seberat apapun sesulit apapun, kita bisa sukses, kuncinya adalah kolaborasi,” kata Zulkifli.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Mendag: Mayoritas Harga Pangan Cenderung Turun Jelang Lebaran


Adapun pencapaian tersebut merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah Banjarnegara, Bank Indonesia, dan masyarakat setempat. Kemudian, Mendag memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak inflasi atas kenaikan bahan bakar minyak (BBM) dan memantau pameran produk-produk yang terbuat dari tepung mocaf, mulai dari biskuit, mie ayam, hingga aneka keripik di tempat yang sama. Selain itu, Mendag juga melakukan pelepasan ekspor mocaf ke Turki, dan berharap produk asli Indonesia tersebut dapat semakin dikenal dunia.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi