Kamis, 25/04/2024 - 14:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Seorang Wanita di Spanyol Idap Kanker 12 Kali Hingga Umur 36 Tahun

ADVERTISEMENTS

Wanita ini memiliki mutasi unik sehingga membuatnya lebih rentan terhadap kanker.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

MADRID — Para ilmuwan Spanyol menemukan kasus, di mana seorang wanita telah mengalami 12 jenis tumor sebelum usia 36 tahun. Peneliti memutuskan menggali lebih dalam guna mencari tahu penyebab dari kerentanan terhadap kanker tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Wanita berusia 36 tahun itu pertama kali dirawat karena kanker pada usia dua tahun. Pada usia 15 tahun, dia didiagnosis menderita kanker serviks.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Pada usia 20 tahun, tumor kelenjar ludah diangkat melalui pembedahan. Setahun kemudian, dia menjalani operasi lebih lanjut untuk mengangkat sarkoma tingkat rendah.

ADVERTISEMENTS


Di atas usia 20-an dan 30-an, wanita ini juga beberapa kali didiagnosis tumor berbeda. Secara total, ia telah mengalami 12 tumor, termasuk lima yang ganas.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Dengan izin dari wanita dan keluarganya, tim peneliti internasional, yang dipimpin oleh Pusat Penelitian Kanker Nasional Spanyol, mengambil sampel darah dan menggunakan pengurutan DNA sel tunggal untuk melihat mutasi genetik di dalam ribuan sel individu,” demikian laporan, dikutip dari Science Alert, Jumat (4/11/2022).


Para peneliti menemukan sesuatu yang aneh. Wanita ini memiliki mutasi unik sehingga membuatnya lebih rentan terhadap kanker. Dia memiliki mutasi pada kedua salinan gen MAD1L1, yang tidak pernah terjadi pada manusia.

Berita Lainnya:
Dokter Imbau Masyarakat Hindari Paparan Zat Asing untuk Cegah Kanker Darah


Gen MAD1L1 bertanggung jawab atas bagian kunci dari fungsi yang membantu menyelaraskan kromosom sebelum sel membelah. MAD1L1 sebelumnya diduga berperan dalam menekan tumor.


Mutasi pada gen tidak diketahui, dan kenyataannya, ada anggota keluarga dari wanita tersebut yang memilikinya. Tapi ini adalah pertama kalinya kedua salinan gen ditemukan sehingga membawa perubahan khusus.


Mutasi gen MAD1L1 ganda (atau homozigot) mematikan embrio tikus. Jadi, ini adalah penemuan yang sangat mengejutkan pada manusia.


Pada wanita ini, mutasi menyebabkan disfungsi replikasi sel dan menciptakan sel dengan jumlah kromosom yang berbeda. Sekitar 30-40 persen sel darahnya memiliki jumlah kromosom yang tidak normal.


Manusia biasanya memiliki 23 pasang kromosom di dalam inti setiap sel dalam tubuh. Kromosom adalah paket DNA kental yang datang dalam bentuk ‘X’ dan terbentuk ketika sel akan menjalani mitosis atau replikasi sel.


Dalam setiap pasangan kromosom, satu berasal dari ibu orang tersebut dan yang lainnya dari ayah orang tersebut. Orang dengan kondisi langka yang disebut ‘mosaic variegated aneuploidy’ (MVA) memiliki berbagai jumlah kromosom dalam sel yang berbeda, seperti mosaik ubin berwarna berbeda. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa mutasi genetik yang berbeda, termasuk yang terlihat pada wanita dengan 12 kanker.

Berita Lainnya:
Korsel Temukan Produk Anak Mengandung Zat Penyebab Kanker di AliExpress


Orang yang lahir dengan MVA sering mengalami keterlambatan perkembangan, mikrosefali (di mana kepala anak lebih kecil dari biasanya), cacat intelektual, dan cacat bawaan lainnya. Mereka sering rentan terhadap kanker. Dalam hal ini, wanita tersebut tidak memiliki cacat intelektual dan menjalani kehidupan yang relatif normal, mengingat jumlah putaran pengobatan kanker yang telah dia jalani.


“Kami masih tidak mengerti individu ini bisa berkembang selama tahap embrio, juga tidak bisa mengatasi semua patologi ini,” kata Marcos Malumbres, seorang ahli biologi molekuler, rekan penulis dan kepala Divisi Sel dan Kelompok Kanker di Pusat Penelitian Kanker Nasional Spanyol, tempat penelitian ini dilakukan.


Sementara peran aneuploidi tidak dipahami dengan baik pada kanker, diketahui sekitar 90 persen tumor memiliki sel kanker dengan kromosom ekstra atau hilang. Aneuploidi tingkat tinggi dikaitkan dengan hasil yang lebih buruk pada kanker.


Studi tersebut mengungkapkan orang dengan aneuploidi, seperti wanita dalam studi kasus ini, memiliki respons imun yang ditingkatkan. Hal itu dapat memberikan peluang baru untuk manajemen klinis pasien ini, menurut para peneliti. Makalah ini diterbitkan di Science Advances.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi