Kamis, 25/04/2024 - 23:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Peran Tidur dalam Mengoptimalkan Pertumbuhan Anak

ADVERTISEMENTS

Tidur cukup dan teratur diperlukan tubuh untuk mendukung fungsi tubuh yang normal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Tidur pada anak merupakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh. Tidur bermanfaat untuk memicu pertumbuhan tubuh dan otak, memperbaiki sel sel tubuh, memulihkan tubuh agar kembali optimal, serta meningkatkan fungsi daya tahan tubuh.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Tidur diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup dan teratur agar dapat mendukung fungsi tubuh yang normal,” ujar Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak, Prof Dr dr Rini Sekartini, SpA(K) dalam keterangan tertulis yang dikutip Ahad (6/11/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Seringkali fokus perhatian orang tua untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan anak adalah hanya dengan menjaga pemenuhan gizi saja. Namun tidur yang baik pada anak tetap perlu dipantau dan dijaga dengan baik.

ADVERTISEMENTS

Menurutnya, kebutuhan jumlah waktu tidur berbeda-beda pada setiap anak sesuai usianya. Untuk bayi sampai usia 1 bulan membutuhkan 16 sampai 20 jam tidur dengan pola 1 sampai 4 jam tiap tidur dan bayi usia 1 bulan sampai 12 bulan membutuhkan 12 sampai 16 jam tidur per hari.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Kecanduan Gim-Medsos, Anak Berisiko Jadi Lemot

Sementara anak usia 1 sampai 2 tahun membutuhkan 11 sampai 14 jam tidur per hari dan anak usia 3 sampai 5 tahun membutuhkan 10 sampai 13 jam tidur per hari.

Sedangkan anak usia 6 sampai 12 tahun membutuhkan 9 sampai 12 jam tidur per hari dan remaja usia 13 sampai 18 tahun membutuhkan 8 sampai 10 jam tidur per hari.

“Secara garis besar, semakin bertambah usia semakin sedikit jumlah kebutuhan tidur dalam sehari,“ ujarnya.

Menurut Prof Rini tidur pada anak penting untuk tetap mendukung pertumbuhan yang optimal pada anak. Saat tidur malam hari, hormon pertumbuhan akan lebih banyak dikeluarkan tubuh secara maksimal.

“Hormon pertumbuhan berguna untuk memicu penambahan tinggi badan anak,” ungkapnya.

Berita Lainnya:
Gejala Penyakit Jantung Bukan Hanya Nyeri Dada, Tandanya Juga Terlihat di Kaki-Jari Kaki

Tidur berkualitas baik dengan jumlah yang cukup akan membuat anak tetap fokus dalam melakukan kegiatannya sehari hari.

Adapun hal-hal yang mempengaruhi tidur pada anak seperti penggunaan media elektronik yang berlebihan pada anak, aktivitas sekolah, faktor orang tua, faktor lingkungan, pola makan anak dan penyakit yang sedang diderita oleh anak. Prof Rini menyarankan agar orang tua tetap memenuhi kebutuhan gizi dengan baik dan juga selalu menjaga tidur anak dengan baik agar pertumbuhan anak anak mereka akan optimal.

Hal tersebut disampaikan Prof Rini dalam Program Pengabdian Pada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Kegiatan dilaksanakan di Desa Pantai Bakti Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi pada 19 Agustus 2022.

Kegiatan ini menjangkau ibu ibu yang memiliki anak usia balita, kegiatan dilakukan dengan memberikan penyuluhan tentang tidur yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan anak dan pengukuran pertumbuhan anak.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi