Jumat, 19/04/2024 - 22:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Alasan Wuling Pilih Teknologi Hybrid Ketimbang PHEV untuk Almaz

ADVERTISEMENTS

Wuling saat ini memutuskan untuk memilih teknologi HEV.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA–Dalam menghadirkan sebuah kendaraan ramah lingkungan, suatu pabrikan memiliki beberapa opsi teknologi yang bisa diterapkan. Beberapa teknologi itu diantaranya adalah hybrid electric vehicle (HEV) dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko mengatakan, dalam mengembangkan produk Wuling Almaz, Wuling saat ini memutuskan untuk memilih teknologi HEV. Menurut dia, teknologi itu dinilai paling pas untuk diterapkan di Indonesia.

ADVERTISEMENTS


“HEV lebih ringkas, praktis dan membuat harga mobil lebih murah dibandingkan jika menerapkan teknologi PHEV,” kata Danang kepada Republika.co.id pada Selasa (8/11/2022).

Sebab, kendaraan PHEV tidak hanya memiliki perbedaan dari adanya soket pengisian baterai. Melainkan, ada sejumlah hal lain yang membuat PHEV jadi lebih rumit dan lebih mahal.

“Harga PHEV pasti lebih mahal karena perlu ada soket untuk pengisian baterai. Selain itu, PHEV harus menggunakan baterai yang lebih besar agar lebih efektif,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Chery Luncurkan Mobil Listrik Pertama di Surabaya, Target Penjualan 70 Unit saat Lebaran

Dua hal itulah yang membuat PHEV pasti lebih mahal dibanding HEV. Terlebih, HEV merupakan kendaraan dengan teknologi elektrifikasi yang tidak bergantung pada fasilitas charging station. Atas pertimbangan sejumlah hal itulah, Wuling pun lebih memilih untuk memasarkan Almaz dalam format HEV.

Almaz Hybrid sendiri merupakan produk yang baru saja diluncurkan pekan lalu dan jadi produk hybrid pertama yang dipasarkan Wuling di Indonesia. Dalam peluncuran itu, Republika pun berkesempatan untuk mencoba impresi berkendara dari SUV yang dipasarkan seharga Rp 470 juta tersebut.

Dalam sesi first impression yang dilakukan di Jakarta International E-prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta tersebut, Almaz Hybrid diajak untuk membuktikan handling, kesenyapan serta akselerasinya. Dari sejumlah aspek itu, hal yang paling menonjol adalah dari segi akeselerasi.

Berita Lainnya:
Honda Perkenalkan Tiga Model Mobil Listrik Terbaru

Mobil ini mampu menyajikan akselerasi yang lebih spontan dibandingkan Almaz non hybrid yang telah menerapkan turbo pada mesinya. Akselerasi dari Almaz Hybrid ini sendiri terasa lebih spontan karena didukung oleh mesin 2 liter berkemampuan 123 daya kuda dan torsi 168 Nm serta motor listrik berkemampuan 174 daya kuda dan torsi 320 Nm.

Untuk handling, mobil ini terbilang cukup akurat untuk sebuah SUV. Karena, saat dipaksa untuk bermanuver di sirkuit yang digunakan dalam Formula E tersebut, Almaz Hybrid terasa masih cukup mudah untuk dikendalikan.

Mungkin, hal ini juga bagian dari dampak adanya teknologi hybrid yang membuat mobil ini lebih berat 90 kilogram dibanding versi non hybird. Bisa jadi, tambahan bobot itu justru menambah kestablilan karena adanya centre of gravity yang terpusat di bagian bawah.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi