Rabu, 24/04/2024 - 05:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Studi: Vape dan Rokok Punya Dampak Sama pada Jantung

ADVERTISEMENTS

Tak lama setelah penggunaan vape, pengguna mengalami peningkatan tekanan darah

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Menurut sebuah studi baru yang didukung oleh American Health Association, rokok elektrik atau vape memiliki dampak yang sama pada kesehatan jantung seperti halnya merokok biasa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Penelitian menunjukkan bahwa tak lama setelah penggunaan vape, pengguna mengalami peningkatan tekanan darah dan detak jantung dengan cara yang mirip dengan respons tubuh terhadap situasi ‘fight or flight’ yang dipicu oleh sistem saraf simpatik otak.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Studi tiga tahun di University of Wisconsin mengevaluasi respons fisiologis pada 395 orang. Sebanyak 164 di antaranya menggunakan vape rata-rata 4,1 tahun dibandingkan dengan 117 orang yang merokok selama sekitar 23 tahun dan 114 yang tidak menggunakan produk nikotin apa pun.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Vape Berpotensi Tingkatkan Risiko Gagal Jantung

Para ilmuwan menemukan dampak negatif pada fungsi kardiovaskular serupa pada penikmat vape baru seperti pada perokok yang lebih lama, yang telah menggunakan rokok tradisional selama dua dekade lebih lama.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Segera setelah vaping atau merokok, ada perubahan yang mengkhawatirkan pada tekanan darah, detak jantung, variabilitas detak jantung, dan tonus pembuluh darah (penyempitan),” kata penulis utama studi Matthew Tattersall, asisten profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat Universitas Wisconsin, dilansir dari laman National News pada Selasa (8/11/2022).

“Temuan ini menunjukkan faktor risiko penyakit kardiovaskular yang lebih buruk segera setelah vaping atau merokok, dan aktivasi sistem saraf simpatik mungkin berperan dalam respons buruk yang terlihat segera setelah menggunakan rokok elektrik dan setelah pengujian olahraga 90 menit kemudian,” lanjutnya.

Berita Lainnya:
Balita Pukuli Diri Sendiri Saat Tantrum, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Usia rata-rata perokok dalam penelitian ini adalah 42 tahun. Sedangkan pengguna vape rata-rata berusia 27 tahun.

Sementara menurut Middle East Tobacco Atlas 2022, tingkat merokok di Uni Emirat Arab (UEA) adalah sekitar 14 persen untuk pria dan dua persen untuk wanita. Pada Juli, sebuah penelitian di UEA menemukan bahwa seperempat mahasiswa telah mencoba rokok elektrik.

Dalam studi Wisconsin menilai tekanan darah, detak jantung dan diameter arteri brakialis di lengan masing-masing kelompok sebelum, dan sesudah mereka merokok atau menggunakan Vape.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi