Selasa, 16/04/2024 - 20:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Bank Muamalat akan IPO pada Kuartal IV 2023

ADVERTISEMENTS

Rencana IPO sudah masuk dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) 2023.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. akan melantai di bursa saham pada kuartal IV 2023. Direktur Utama Bank Muamalat, Achmad Kusna Permana mengatakan rencana Initial Public Offering (IPO) sudah masuk dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) 2023.

ADVERTISEMENTS


“Prosesnya sudah kita mulai dan sudah masuk RBB 2023, dan memang itu bagian dari proposal penyehatan Muamalat bahwa setelah dua tahun Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) masuk kita akan listing,” katanya setelah ‘2023 Market Outlook oleh Bank Muamalat dan BPKH’ di Westin Hotel, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah


Selain untuk memenuhi ketentuan bursa yang mengharuskan 7,5 persen kepemilikan oleh publik pada perusahaan terbuka, IPO ini juga untuk memperkuat permodalan. Permana mengatakan, IPO menjadi peluang juga untuk BPKH mencari partner yang prominent untuk bersama membesarkan Bank Muamalat.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah


BPKH sebagai lembaga negara yang memiliki dana kelolaan syariah yang sangat besar akan menjadi daya tarik signifikan bagi investor lain. BPKH dapat mencari partner strategis dengan latar belakang lembaga keuangan juga untuk bisa membantu keberlangsungan bisnis Bank Muamalat dan perkembangannya ke depan.

Berita Lainnya:
Tahun Ini, Bank Muamalat Fokus Segmen Ritel Konsumer


“Seharusnya yang minat banyak karena BPKH ini lembaga negara yang kaya, ini peluang baik bagi investor lain juga bagi BPKH,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah


BPKH bisa mendapatkan capital gain sebagai salah satu dari keuntungan investasi, selain juga nantinya mendapat deviden. BPKH sendiri adalah lembaga yang harus menghasil keuntungan setinggi-tingginya dengan risiko paling rendah karena ketentuan Undang-Undang mewajibkan tidak boleh merugi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal


Hal tersebut karena investasi BPKH akan kembali pada kemaslahatan jamaah haji Indonesia. Permana mengatakan, kekuatan Bank Muamalat ada di BPKH itu sendiri sebagai pemegang saham pengendali dengan porsi hingga 82,7 persen.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%


“BPKH bisa gandeng semua stakeholder ke Bank Muamalat, meyakinkan bahwa mereka ada di belakang untuk menjalankan segala rencana bisnis yang robust,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024


Ia mengatakan, semua infrastruktur pendukungnya telah sangat siap untuk bisa dioptimalkan pada 2023. Mulai dari peringkat idA+ Bank Muamalat yang telah membaik stabil pada tahun ini, lalu rencana akselerasi bisnis yang matang, hingga kesiapan dari Badan Pelaksana BPKH yang baru.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Kemhub Catat Penumpang Angkutan Umum Capai 1,2 Juta Orang pada H+3 Lebaran


Permana juga memastikan kebijakan internal BPKH akan lebih mendukung bisnis Bank Muamalat ke depan karena bukunya terkonsolidasi. Banyak hal yang dapat dilakukan, mulai dari mengharuskan vendor untuk buka akun Bank Muamalat, menjadikannya bank operasional dan transaksional, berkantor di Muamalat Tower, dan lainnya.


“BPKH bisa melakukan itu karena setiap keuntungan Bank Muamalat akan jadi keuntungan BPKH juga, jadi banyak sekali low hanging fruit yang akan dikerjakan,” katanya.


Secara strategis, Bank Muamalat akan hadir dalam setiap ekosistem haji. Mulai dari saat masyarakat berniat menabung, kemudian melakukan pendaftaran, berangkat haji, hingga pulang lagi ke tanah air, Bank Muamalat akan ada di dalamnya.


Permana mengatakan, pendaftaran haji reguler di Bank Muamalat pada semester I 2022 sendiri naik 47 persen (yoy), jauh di atas rata-rata industri yang naiknya 11 persen. Proyeksi hingga akhir tahun yakni sekitar 70 ribu jamaah. Untuk haji khusus naik 51 persen dalam tiga tahun terakhir. Bank Muamalat juga akan menggarap pasar umroh.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi