Kamis, 25/04/2024 - 21:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

PAL Indonesia Luncurkan Transformasi Industri Maritim 4.0

ADVERTISEMENTS

Industri Maritim 4.0 atau IM4 telah dijalankan hampir satu setengah tahun.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 SURABAYA — PT PAL Indonesia meluncurkan Go Live Fase II Transformasi Industri Maritim 4.0 yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pemberian gawai kepada seluruh BoD, SEVP dan insan PT PAL pada saat upacara Hari Pahlawan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Kamis (10/11/2022), mengatakan, Transformasi Industri Maritim 4.0 yang diberi nama IM4 ini, sebelumnya telah dilakukan proses development sistem secara mandiri, dan didukung dengan perubahan pada struktur organisasi perusahaan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Dengan IM4, PAL akan mengintegrasikan proses bisnis dari hulu ke hilir dalam satu platform berbasis Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence, dan peluncuran industri maritim 4.0 fase ke II memiliki semangat perjuangan yang sama dengan para pahlawan bangsa,” kata Kaharuddin.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Perajin: Pasar Domestik Angkat Prospek Kerajinan Bambu Gianyar


Menurut dia, IM4 telah dijalankan hampir satu setengah tahun, dan semata-mata untuk membawa bangsa Indonesia melalui PT PAL menuju kesetaraan dengan bangsa maju lainnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Dia mengatakan, dibutuhkan beberapa waktu untuk melakukan transisi dari sistem semi digital ke digital (IM4). Rencananya pada tahun 2023 akan diluncurkan fase final, dimana seluruh sistem telah terintegrasi dan siap diimplementasikan secara utuh.


“Implementasi IM4 diharapkan dapat mengubah budaya kerja, menciptakan sistem yang adil, memberikan kesejahteraan bagi para karyawan,” kata dia.


Selain itu, lanjut dia, mampu membuat perubahan pada mindset insan PT PAL untuk berubah menjadi bagian dari galangan kapal kelas dunia. Hal ini, lanjut dia, dikarenakan PT PAL tidak lagi menjadi galangan kapal yang dipandang sebelah mata. Kini PAL telah dianggap sebagai mitra strategis bahkan menjadi the real competitor bagi industri pertahanan global.

Berita Lainnya:
Mudik Pakai Mobil Listrik? PLN Siagakan 1.124 SPKLU


Manifestasi IM4, kata dia, merupakan jawaban atas kebutuhan pasar dan sebagai respons atas disrupsi perkembangan teknologi saat ini, dan transformasi ini merupakan lompatan kuantum dalam menjadi leading sektor guna mendukung kemandirian industri pertahanan dalam negeri.


“Untuk bisa memberikan yang terbaik bagi negeri ini, sebagai mana para pahlawan memberikan yang terbaik dari diri mereka. Maka sekarang adalah waktu untuk memberikan yang terbaik agar Indonesia menjadi negeri maritim yang berdaulat di dunia,” kata dia.


Sementara dalam upacara peringatan Hari Pahlawan itu juga dilakukan pelantikan sejumlah pejabat penting, yang bertujuan untuk mengoptimalisasi implementasi IM4, agar proses transisi IM4 berlangsung cepat dan dapat segera dirasakan manfaatnya bagi kelangsungan bisnis perusahaan, sehingga tercapainya visi PAL sebagai perusahaan perkapalan kelas dunia.


 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi