Rabu, 24/04/2024 - 13:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

China Teken Perjanjian Komitmen Impor 1 Juta Ton CPO dari Indonesia

ADVERTISEMENTS

Impor CPO ke China akan direalisasikan mulai akhir tahun ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Para pengusaha China menekan perjanjian tertulis dengan Indonesia untuk mengimpor produk minyak sawit mentah atau CPO dan turunannya sebanyak minimal 1 juta ton. Perjanjian tertulis itu sebagai tindak lanjut komitmen China yang telah dinyatakan sejak Juli lalu pasca kunjungan Presiden Joko Widodo.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Perjanjian komitmen itu ditandatangani di negara masing-masing pada Jumat (11/11/2022) oleh China Chamber of Commerce for Import and Export for Foodstuffs, Native Produce & Animal By-Products (CFNA) dengan empat asosiasi pengusaha sawit di Indonesia. Yakni Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Gabungan Minyak Nabati Indonesia (GIMMI), Asosiasi Minyak Makan Indonesia (AIMMI), serta Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (APOLIN).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Ini adalah bentuk realisasi tindaklanjut pertemuan bilateral kedua negara terkait komiten pembelian China atas 1 juta ton CPO dan produk pertanian maupun produk perikanan lainnya,” kata Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Jokowi Minta Cina Investasi di IKN


Ia pun mengapresiasi inisiasi komitmen dari pengusaha kedua negara atas kerja sama tersebut. Ia optimistis, kerja sama bilateral Indonesia-China yang sudah berusia 72 tahun akan semakin meningkat dalam perdagangan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Direktur Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan, Kemendag, Farid Amir, mengatakan, perjanjian tertulis yang diteken kedua negara masih berupa memorandum of understanding (MoU) secara umum. Secara teknis perdagangan akan ditindaklanjuti antar asosiasi pengusaha.


Namun, khusus komitmen impor CPO 1 juta ton diyakini akan terlaksana mulai akhir tahun ini hingga tahun depan. “Itu minimal (1 juta ton), info terakhir bisa lebih. Nilainya minima 1-1,5 miliar dolar AS,” katanya.


Farid tak menampik, tanpa adanya perjanjian tersebut, impor CPO dari Indonesia memang telah rutin dilaksanakan. Namun, dengan komitmen yang diteken secara tertulis Indonesia dapat mmegang komitmen dari China. Apalagi, harga tandan buah segar (TBS) Indonesia tengah rendah sehingga pemerintah terus mendorong peningkatan ekspor CPO.

Berita Lainnya:
Dua Mineral Baru Ditemukan di Bulan, Seperti Apa?


Menteri Perdagangan China, Wang Wentao, mengatakan, selama 10 tahun terakhir, impor produk pertanian China dari Indonesia telah mengalami peningkatan 8 persen per tahun. Memasuki tahun ini, nilai impor pertanian dari Indonesia sudah mencapai 7 miliar dolar AS.


Adapun Indonesia telah menjadi sumber impor terbesar minyak kelapa sawit selama tujuh tahun terakhir. Ia secara khusus menyampaikan pangsa pasar impor pertanian oleh China masih cukup besar dan sangat cerah.


“China akan berjuang untuk impor produk pertanian dari negara ASEAN dengan jumlah 150 miliar dolar AS pada lima tahun ke depan,” kata dia.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi