Selasa, 23/04/2024 - 21:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Isu Myanmar Mendominasi KTT ASEAN

ADVERTISEMENTS

Perwakilan ASEAN menyalahkan militer Myanmar karena gagal terapkan perdamaian.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 PHNOM PENH — Para pemimpin negara-negara Asia Tenggara memulai pertemuan puncak tahunan pada Jumat (11/11/2022) di Phnom Penh Kamboja. Isu Myanmar kemungkinan besar akan mendominasi menyusul kekerasan dan kembuntuan bagi politik Myanmar yang juga merupakan anggota Perhimpunan Bangsa-Bsangsa Asia Tenggara (ASEAN).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Beberapa perwakilan ASEAN menyalahkan penguasa militer Myanmar karena gagal menerapkan rencana perdamaian yang disepakati bersama tahun lalu. Kesepakatan yang disebut Lima Poin Konsensus berisi pengakhiran permusuhan dan perizinan akses utusan khusus dan bantuan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Perdana Menteri Kamboja dan tuan rumah KTT ASEAN Hun Sen berbicara pada upacara pembukaan Jumat dengan seruan untuk kewaspadaan dan kebijaksanaan selama masa gejolak ekonomi dan geopolitik. “Kita sekarang berada pada titik yang paling tidak pasti; kehidupan jutaan orang di wilayah kita bergantung pada kebijaksanaan dan pandangan ke depan kita,” kata Hun Sen.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
AS Bantah Tudingan Rusia Terkait Teror Moskow


“Kami telah menempuh perjalanan panjang sebagai organisasi regional, sebagai keluarga dan sebagai saudara dan saudari,” kata Hun Sen dalam pidato pembukaannya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Dia meminta negara-negara ASEAN untuk fokus pada mempertahankan persatuan, solidaritas, dan sentralitas ASEAN. ASEAN pekan lalu mengulangi komitmennya terhadap konsensus perdamaian lima poin, tetapi beberapa anggota telah mendorong sikap yang lebih kuat. Para pemimpin dari sembilan negara lain di blok itu yakni Brunei, Kamboja, Laos, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam hadir pada pertemuan di Phnom Penh.

Berita Lainnya:
Eskalasi Konflik di Timur Tengah Akan Berdampak ke Komoditas Pangan


Topik lain yang akan dibahas pada KTT ASEAN akan mencakup eskalasi ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan dan konflik teritorial dengan China di Laut China Selatan. Pemulihan ekonomi kawasan dari pandemi virus corona dan dampak perang Rusia-Ukraina juga diperkirakan akan disinggung dalam pertemuan tersebut.


 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi