IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Jokowi dan PM Singapura Kecewa dengan Myanmar

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu (ilustrasi). Kedua kepala negara di ASEAN ini menyampaikan kekecewaannya atas situasi di Myanmar saat ini.
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Junta Militer Myanmar tidak berkomitmen mengimplementasikan konsensus lima poin.

 JAKARTA — residen Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menyampaikan kekecewaannya atas situasi di Myanmar saat ini. Hal ini disampaikan kedua pemimpin tersebut saat melakukan pertemuan bilateral di Hotel Sofitel Phnom Penh, pada Kamis malam (10/11/2022).


Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, kedua pemimpin tersebut kecewa karena Junta Militer Myanmar tidak berkomitmen mengimplementasikan konsensus lima poin. “Kedua pemimpin menyampaikan kekecewaan terhadap tidak adanya komitmen junta militer Myanmar dalam mengimplementasikan 5-point consensus,” ucap Retno dalam keterangannya, dikutip dari siaran pers Istana pada Jumat (11/11/2022).


Seperti diketahui, implementasi dari Konsensus Lima Poin yang telah disepakati di KTT April tahun lalu tak mengalami kemajuan yang signifikan dalam mengatasi krisis politik di Myanmar. Konsensus Lima Poin merupakan bentuk upaya ASEAN untuk mengatasi krisis Myanmar pasca-kudeta yang dilakukan militer pada 1 Februari 2021.


Konsensus Lima Poin menyerukan penghentian kekerasan, dialog dengan semua pemangku kepentingan, menunjuk utusan khusus untuk memfasilitasi mediasi dan dialog, mengizinkan ASEAN untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Myanmar, serta mengizinkan utusan khusus ASEAN untuk mengunjungi dan bertemu dengan pemangku kepentingan di Myanmar.


 

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Jokowi dan PM Singapura Kecewa dengan Myanmar
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!