Jumat, 19/04/2024 - 06:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Benarkah Penderita Diabetes tidak Boleh Konsumsi Gula?

ADVERTISEMENTS

Penderita diabetes disebut tidak boleh mengonsumsi gula.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Anda mungkin pernah mendengar bahwa penderita diabetes (diabetesi) tidak boleh mengonsumsi gula, tetapi ini tidak benar. Spesialis perawatan dan pendidikan diabetes bersertifikat Toby Smithson menulis bahwa penderita diabetes tidak perlu menghindari gula. Menurutnya gula dapat dimasukkan dalam diet sehat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Dilansir dari laman Health Digest, Sabtu (12/11/2022), ada berbagai bentuk karbohidrat gula dan dalam hal diabetes, bentuk terbaik terjadi secara alami dalam makanan. Mayo Clinic menjelaskan bentuk karbohidrat (gula) yang sehat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, produk susu dan biji-bijian.

ADVERTISEMENTS


American Diabetes Association (ADA) tidak memiliki batasan berapa banyak karbohidrat yang harus dimakan penderita diabetes setiap hari karena berbeda untuk setiap orang. Menurut Johns Hopkins, ini karena berat badan, kontrol glikemik, aktivitas fisik, dan makanan yang biasanya dikonsumsi dapat memengaruhi angka ini.

Berita Lainnya:
Tanda Janin Usia 20 Minggu ke Atas Meninggal dalam Kandungan, Ini Gejala dan Penyebabnya


Recommended Dietary Allowance (RDA) untuk gula per hari adalah 38 gram untuk pria dan 25 untuk wanita. Beberapa makanan akan meningkatkan gula darah lebih dari yang lain, karena mereka memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi. Oleh karena itu diabetesi harus secara konsisten memeriksa gula darah mereka untuk memastikan mereka tetap dalam kisaran yang sehat.


Jika Anda khawatir tentang asupan gula atau karbohidrat Anda, Anda dapat bertemu dengan ahli gizi terdaftar untuk membantu Anda merancang rencana makan sehat yang sesuai untuk Anda, menurut Johns Hopkins

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


 


Diet sehat membantu mengelola diabetes


Pada dasarnya, menggabungkan diet sehat dan praktik makan dapat bermanfaat untuk mengelola diabetes Anda. Misalnya, Anda harus menyadari bahwa makan pada waktu yang teratur dapat membantu tubuh Anda mengatur insulin, apakah Anda sedang minum obat atau tidak, menurut Mayo Clinic.

Berita Lainnya:
Katarak, Glaukoma, Hingga Gangguan Retina Bisa Terjadi Akibat Diabetes tak Terkontrol


Seiring dengan menjaga jumlah glukosa Anda, menambahkan serat ke dalam makanan Anda dapat membantu karena dapat membantu mengendalikan gula darah Anda.


Menurut US News & World Report, tiga diet teratas untuk membantu mengelola diabetes adalah diet DASH, diet Mediterania, dan diet vegan. Diet DASH dan diet Mediterania adalah pilihan yang sehat karena membatasi jumlah daging merah dan permen, sambil mendorong lebih banyak sayuran dan buah segar.


WebMD melaporkan bahwa pola makan vegan dapat membantu mengelola diabetes tipe 2 sebaik atau lebih baik daripada pola makan lain. Bahkan lebih ketat karena tidak mengizinkan produk hewani apa pun untuk dikonsumsi.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi