Kamis, 18/04/2024 - 13:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Cara Pilih Box Motor yang Aman dan Fungsional

ADVERTISEMENTS

Motor box biasanya digunakan saat pengendara melakukan perjalanan jarak jauh.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA–Sejumlah pengendara menggunakan sepeda motor untuk mengangkut barang yang cukup banyak. Motor box biasanya digunakan saat pengendara melakukan perjalanan jarak jauh atau saat touring.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Padahal, mayoritas sepeda motor hanya memiliki ruang bagasi yang terbatas sehingga pengendara memerlukan bagasi tambahan dengan menggunakan box. Pengendara pun telah disodorkan oleh sejumlah box tambahan dari beberapa brand global seperti Givi dan Shad.

ADVERTISEMENTS

Bahkan, Givi juga memiliki komunitas pengguna Givi yang disebut dengan Givista. Ketua Givista, Andi Firmansyah mengatakan, pengendara sebaiknya tidak sembarangan dalam memilih box motor. Karena, hal itu sangat berpengaruh terhadap kamanan dan kenyamanan saat berkendara.

“Usahakan untuk memilih box dengan ukuran yang sesuai dengan kendaraan. Selain membuat tampilan jadi lebih proporsional, hal itu juga bisa berdampak pada keamanan dan kenyamanan pengendara,” kata Andi kepada Republika.co.id saat dijumpai dalam Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 beberapa waktu lalu.

Berita Lainnya:
Pengguna Mobil Listrik Perlu Tahu, Ini 49 SPKLU di Sepanjang Trans Jawa Demi Mudik Lancar

Hal ini perlu jadi perhatian karena terkadang pengendara memilih box yang berukuran besar dengan pertimbangan kapasitas akomodasi yang lebih banyak. Padahal, box berukuran besar hanya disarankan untuk motor yang memang memiliki dimensi yang juga besar.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Jika ukuran box tak sesuai dengan ukuran kendaraan, maka hal itu bisa mempengaruhi stabilitas kendaraan,” ucapnya. Selain itu, pengendara juga perlu memperhatikan lebar dari box tersebut.

Ia menyarankan, lebar box maksimal adalah 5 sentimeter dari ujung bagian stang. Hal ini perlu diperhatikan agar pengendara bisa tetap berkendara dengan aman saat melalui jalanan yang sempit atau saat menghadapi kemacetan.

Berita Lainnya:
BYD Turunkan Harga BYD Seal Jadi Hanya Rp 394 Juta

Selain itu, Direktur Givi Indonesia, Kalyn mengatakan, setelah menentukan box yang pas untuk kendaraan, pengendara juga harus melakukan pemasangan dengan benar. Untuk bisa terpasang dengan benar, maka box itu membutuhkan aksesoris berupa besiyang jadi perangkat pemasangan sekaligus penyangga beban dari box tersebut.

“Kami menyarankan agar pengendara tidak menggunakan braket biasa tapi menggunakan fitting kit khusus untuk box. Setiap kendaraan hadir dengan fitting kit yang spesifik sehingga box bisa terpasang dengan baik dan bobot pada box bisa ditopang dengan baik,” kata Kalyn kepada Republika.co.id.

Dengan memperhatikan seluruh cara tersebut, maka pengendara bisa melakukan perjalanan dengan lebih aman dan nyaman. Terlebih, lanjut dia, box buatan Givi telah didesain untuk bisa melindungi box dan barang bawaan saat terjadi kecelakaan atau dari pencurian.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi