Sabtu, 20/04/2024 - 14:26 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Puing-Puing Pesawat Luar Angkasa Ditemukan di Dekat Segitiga Bermuda

ADVERTISEMENTS

Puing-puing yang ditemukan merupakan pesawat ulang-alik Challenger

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 NEW YORK — NASA mengkonfirmasi bahwa puing-puing yang ditemukan di dasar laut lepas pantai Atlantik Florida berasal dari pesawat ulang-alik Challenger yang jatuh. Pesawat tersebut meledak pada 28 Januari 1986, menewaskan tujuh astronot di dalamnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Penyelam menemukan bagian 20 kaki (6 meter) dari lambung Challenger saat mencari pesawat era Perang Dunia II yang jatuh sebagai bagian dari serial dokumenter History Channel, “The Bermuda Triangle: Into Cursed Waters.”

ADVERTISEMENTS


Di barat laut Segitiga, para pembuat film menemukan area dasar laut yang berisi puing-puing yang tampak modern, sebagian tertutup pasir. Mengingat puing-puing itu dekat dengan Pusat Penerbangan Luar Angkasa Kennedy NASA di Florida, para pembuat film mengira itu bisa dikaitkan dengan badan antariksa dan menghubungi NASA tentang penemuan itu.


NASA memeriksa rekaman tim dan memastikan bahwa puing-puing itu berasal dari Challenger. NASA kemudian memberi tahu keluarga tujuh astronot sebelum mengumumkan penemuan itu pada 10 November 2022. 

Berita Lainnya:
Pasukan Penjaga Perdamaian Rusia Mundur dari Karabakh


“Tragedi ini akan selamanya membekas dalam ingatan kolektif negara kita,” kata administrator NASA, Bill Nelson dalam sebuah pernyataan dilansir dari laman Livescience, Sabtu (12/11/2022).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Penemuan ini memberi kita kesempatan untuk berhenti sekali lagi, untuk mengangkat warisan tujuh perintis yang hilang, dan merenungkan bagaimana tragedi ini mengubah kita,” ujar Bill.


Lambung kapal Challenger, temuan besar pertama selama lebih dari 25 tahun, akan tetap berada di dasar laut, sementara NASA menentukan langkah selanjutnya untuk tindakan selanjutnya. Secara hukum, semua puing-puing tersebut milik pemerintah federal.


Pada saat peluncurannya yang ke-10, dijuluki STS-51L, Challenger adalah salah satu dari empat pesawat ulang-alik yang dioperasikan oleh NASA, dan NASA telah menerbangkan “truk luar angkasa” yang dapat digunakan kembali dari orbit rendah Bumi selama hampir lima tahun. NASA kemudian mengetahui bahwa suhu beku pada malam sebelum peluncuran membahayakan segel pada pendorong roket padat, menyebabkan disintegrasi eksplosif pengorbit 73 detik setelah penerbangan.

Berita Lainnya:
AS tidak Dukung Perang Baru di Lebanon Antara Israel dan Hizbullah


Awak tujuh orang termasuk seorang guru sekolah, Christa McAuliffe, yang akan memberikan pelajaran langsung dari orbit. Misi enam hari yang direncanakan juga akan melihat astronot melakukan penelitian ilmiah dan melepaskan satelit dari ruang muatan pesawat ulang-alik.


Tragedi mengejutkan Challenger menandai kematian pertama dalam penerbangan dalam program luar angkasa berawak NASA, yang dimulai pada 1961. Tiga astronot yang tewas dalam kebakaran di atas Apollo 1 pada 1967 sedang melakukan tes pra-peluncuran di darat. Pada tahun 2003, pesawat ulang-alik Columbia pecah saat kembali, menewaskan tujuh astronotnya.


NASA telah menemukan hampir setengah dari puing-puing Challenger, yang sebagian besar terkubur di silo rudal yang ditinggalkan di dekat Kennedy Space Center, di mana hanya sebagian dari badan pesawat dicat dengan bendera Amerika. A&E Networks yang memiliki History Channel, mengatakan debut serial dokumenter enam bagiannya pada 22 November akan menampilkan cuplikan dari penemuan Challenger.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi