Kamis, 25/04/2024 - 13:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Direktur CIA Bertemu Pemimpin Dinas Intelijen Asing Rusia

ADVERTISEMENTS

Pertemuan Burns dengan Naryshkin bukan bertujuan untuk membuka negosiasi dengan Rusia

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 WASHINGTON — Direktur CIA Bill Burns telah melakukan pertemuan dengan Direktur Dinas Intelijen Asing Rusia Sergey Naryshkin di Ankara, Turki, Senin (14/11/2022). Mereka membahas beberapa topik, termasuk soal konflik yang tengah berlangsung di Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Gedung Putih mengungkapkan, dalam pertemuan dengan Naryshkin, Burns menyampaikan peringatan agar Rusia tak menggunakan senjata nuklir dalam perangnya di Ukraina. “Dia (Burns) menyampaikan pesan tentang konsekuensi penggunaan senjata nuklir oleh Rusia dan risiko eskalasi stabilitas strategis,” kata seorang juru bicara Gedung Putih.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Dia menekankan, pertemuan Burns dengan Naryshkin bukan bertujuan untuk membuka negosiasi dengan Rusia terkait konflik di Ukraina. “Dia (Burns) tidak melakukan negosiasi apa pun. Dia tidak membahas penyelesaian perang di Ukraina,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Semangat Zelenskyy Dukung Ide Macron Kirim Pasukan ke Ukraina


Juru bicara Gedung Putih itu menambahkan, pemerintah Ukraina telah diberi tembusan tentang pertemuan Burns dengan Naryshkin di Ankara. “Kami dengan tegas berpegang pada prinsip dasar kami: tiada apa pun terkait Ukraina tanpa Ukraina,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Sementara itu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengonfirmasi tentang pertemuan Burns dengan Naryshkin. “Negosiasi itu memang terjadi. Mereka diprakarsai oleh pihak AS,” katanya, dilaporkan kantor berita Rusia, TASS.


Peskov tak menjelaskan tentang topik apa saja yang dibahas Naryshkin dengan Burns. Pekan lalu, Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken bertemu dengan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba di sela-sela KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja. Pada kesempatan itu, Blinken menyampaikan kepada Kuleba bahwa AS menyerahkan sepenuhnya masalah negosiasi dengan Rusia kepada Ukraina. “Menteri (Blinken) menegaskan kembali bahwa waktu dan isi kerangka negosiasi apa pun (dengan Rusia) tetap menjadi keputusan Ukraina,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price saat memaparkan detail pertemuan Blinken dan Kuleba.

Berita Lainnya:
Perundungan Jadi Motif Penembakan di Sekolah Finlandia 


Belum lama ini Washington Post melaporkan bahwa pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah mendorong para pemimpin Ukraina untuk memberi sinyal keterbukaan guna bernegosiasi dengan Rusia. Kiev pun diminta menanggulangi penolakan publik mereka untuk terlibat dalam pembicaraan damai dengan Moskow kecuali jika Vladimir Putin sudah tak berkuasa lagi di negara tersebut.


Informasi itu diperoleh Washington Post dari sejumlah pejabat AS yang menolak identitasnya dipublikasikan. Menurut mereka, para pejabat AS tidak berusaha mendorong Ukraina ke meja perundingan. Namun Washington ingin memastikan Kiev mempertahankan dukungan dari negara-negara lain yang menghadapi waspada perang untuk tahun-tahun yang akan datang.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi