Sabtu, 20/04/2024 - 18:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

IN-DEPTH

Ini Tantangan Implementasi Pendidikan Al Islam-Kemuhammadiyah Menghadapi Era Digial

ADVERTISEMENTS

Implementasi Pendidikan Al Islam-Kemuhammadiyah hadapi tantangan zaman

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

oleh: Prof DR Agus Suradika, Wakil Ketua PWM DKI Jakarta

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Era Society 5.0 menempatkan manusia sebagai komponen utamanya.  Untuk menempati posisi sebagai komponan utama, terdapat tiga kemampuan utama yang perlu dimiliki setiap individu, yaitu: creativity, critical thinking, communication and collaboration. Tanpa tiga kemampuan utama tersebut posisi manusia sebagai komponen utama akan bergeser menjadi komponen cadangan. Manusia “hanya” akan melaksanakan tugas-tugas yang tidak dapat dilaksanakan oleh robot, mesin pintar, dan mekanika artifisial intelejen lainnya. Bahkan bisa jadi manusia bukan mengendalikan teknologi tetapi dikendalikan oleh teknologi. 

ADVERTISEMENTS


Teknologi menurut Alvin Toffler  ibarat pisau bermata dua. Dapat digunakan untuk kebaikan tetapi pada saat yang bersamaan dapat juga digunakan untuk kejahatan. Dalam kaitan ini pertimbaNgan etika, moral, nilai kemanusiaan menjadi pertimbangan penting dalam pemanfaatan teknologi. Teknologi di tangan orang jahat, tidak bermoral, dan tuna kemanusiaan akan digunakan untuk tindak perbuatan jahat yang menjerumuskan manusia dalam kubangan busuk yang jauh dari kebahagian.

Berita Lainnya:
Shalat Idul Fitri 1445 H, Ratusan Jamaah Antusias Penuhi Plaza UMJ


Dalam dunia pendidikan, kemajuan teknologi  membawa berkah sekaligus musibah. Menjadi berkah jika lembaga pendidikan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kelancaran proses pembelajaran dan penataan administrasi pendidikan. Sebaliknya ia menjadi musibah ketika Lembaga pendidikan tidak menjadi komponen utama dalam proses kemajuan industri pendidikan. Kecerdasan SDM pendidikan baik peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dalam memanfaatkan kemajuan teknologi merupakan kompetensi yang tidak bisa diabaikan.


Internet dan gadget adalah bentuk konkrit kemajuan teknologi yang saat ini  telah dimanfaatkan dunia pendidikan. Di masa pandemi dua tahun yang lalu hampir seluruh sekolah mulai dari SD sampai  perguruan tinggi  menggunakan fasilitas internet dalam keseluruhan  proses pendidikan mulai dari perekrutan sampai kelulusan. Ini merupakan manfaat positif dari  kemajuan teknologi.   

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Shalat Idul Fitri 1445 H, Ratusan Jamaah Antusias Penuhi Plaza UMJ


Namun, pada sisi lainnya terjadi juga sisi buruk dari penyalahgunaan kemajuan teknologi ini. Pada sebagian anak-anak kita  teknologi yang ada membuat mereka menjadi pribadi yang egois, semakin berjarak dengan  kehidupan sosial, bahkan banyak yang memposisikan media sosial sebagai pengganti keluarga, orangtua dan teman. Waktu mereka lebih banyak dihabiskan  di depan gadget  yang mereka miliki dan tidak menghiraukan lingkungan di sekelilingnya.


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi