Sabtu, 20/04/2024 - 08:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Ratusan Mahasiswanya Terjerat Pinjol, Rektor IPB Tempuh Sejumlah Tindakan

ADVERTISEMENTS

Rektor IPB sudah berkoordinasi dengan kepolisian terkait mahasiswanya terjerat Pinjol

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

  BOGOR— Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait ratusan mahasiswanya yang menjadi korban pinjaman online (pinjol). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Selain itu, pihak kampus juga akan mengumpulkan mahasiswa yang menjadi korban untuk didata lebih lanjut.

ADVERTISEMENTS


“Kami sudah koordinasi dengan pihak kepolisian. Malam ini Insya Allah kami mengumpulkan seluruh mahasiswa yang menjadi korban untuk pendataan lebih lanjut,” ujar Arif kepada Selasa (15/11/2022).


Arif menyatakan, pihaknya akan terus mendampingi mahasiswa dalam penyelesaian masalah pinjol ini. Termasuk dalam kaitan pendampingan hukum.


“Kami akan terus dampingi mahasiswa dalam penyelesaian masalah ini, termasuk di dalamnya adalah pendampingan hukum,” imbuhnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
OJK Imbau Hindari Masalah Hukum dengan tidak Gunakan Jasa Pinjol


Dikonfirmasi terpisah, Kepala Biro Komunikasi IPB, Yatri Indah Kusumastuti, menyebutkan dari data sementara ada sekitar 150 nama mahasiswa yang menjadi korban pinjol. Namun, pihaknya akan terus melakukan penelusuran sambil menunggu laporan akhir.


Yatri menjelaskan, pihak kampus sedang melakukan pemeriksaan ulang atau crosscheck. Serta mencari alasan apa yang menyebabkan ratusan mahasiswa IPB harus berhadapan dengan pinjol.


“Prosesnya sedang berlangsung. Jadi sekarang ini sedang dikroscek datanya dari para wakil dekan. Paling besok kami baru bisa mengambil kesimpulan dari data data yang disampaikan nanti,” kata Yatri.


Di samping itu, Yatri mengatakan, IPB akan menyiapkan pendampingan hukum lantaran para mahasiswa tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut sendiri-sendiri. Pendampingan tersebut akan diberikan hingga kasus pinjol ini tuntas.

Berita Lainnya:
Unsia Raih Akreditasi 'Baik Sekali', Kampus Siap Go Global


Yatri mengatakan, pihak kampus sendiri sudah melakukan laporan secara non formal ke pihak kepolisian. Namun laporan secara formal juga akan dilakukan lebih lanjut.


Sebagai perlindungan kepada para mahasiswa, Yatri mengakui, IPB sedang melakukan koordinasi lintas lembaga. Terutama kepada para mahasiswa yang bahkan sudah dihampiri debt collector.


“Setelah itu nanti, tentu kami akan lakukan koordinasi dengan lembaga lainnya yang juga nanti berkompeten berkaitan dengan pinjol ini,” ujarnya.


Sebelumnya, diberitakan ratusan mahasiwa IPB University dikabarkan terjerat pinjaman online (pinjol) untuk usaha penjualan online.


Polresta Bogor Kota pun telah menerima sejumlah laporan polisi dan laporan pengaduan, terkait kasus pinjaman online (pinjol) dari sejumlah mahasiswa IPB yang menjadi korban.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi