IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Prancis Yakin China Bisa Berperan Lebih Besar dalam Konflik Ukraina

 Presiden Prancis Emmanuel Macron berharap China dapat memainkan peran lebih besar dalam mediasi beberapa bulan mendatang.

Macron berharap China memainkan peranan lebih besar untuk mediasi konflik Ukraina.

PARIS — Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan para pemimpin 20 perekonomian terbesar di dunia atau G20 sepakat untuk mendorong Rusia menurunkan ketegangan dalam konflik Ukraina. Ia berharap China dapat memainkan peran lebih besar dalam mediasi beberapa bulan mendatang.

“Pada sisi kami, saya yakin China dapat memainkan peran mediasi yang lebih penting beberapa bulan ke depan, untuk mencegah kembalinya medan pertempuran yang kuat dari bulan Februari,” kata Macron dalam konferensi pers usai pertemuan G-20 di Bali, Indonesia, Rabu (16/11/2022).

Ia juga mengatakan sudah membahas dengan pemimpin China gagasan kunjungan kepresidenan Prancis ke Beijing pada awal tahun depan. Kantor kepresidenan Prancis mengkonfirmasi kunjungan dapat dilakukan pada awal tahun depan bila peraturan pandemi Covid-19 mengizinkannya.

Prancis dan sekutu-sekutunya di Barat sudah berbulan-bulan membujuk negara-negara lain yang tidak mengkritik Rusia dengan terbuka untuk mengambil sikap yang lebih tegas mengenai invasi ke Ukraina. Upaya agar Rusia mengubah sikapnya.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Prancis Yakin China Bisa Berperan Lebih Besar dalam Konflik Ukraina
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!