IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Jordi Amat Resmi WNI, Ini Perjalanan Kariernya dari Liga Spanyol Hingga Liga Inggris

Pesepak bola Jordi Amat mencium Bendera Merah Putih usai membacakan Sumpah Janji Setia Pewarganegaraan di Kantor Wilayah Kemenkum HAM DKI Jakarta, Kamis (17/11/2022). Pesepak bola naturalisasi asal Belanda, Sandy Walsh dan pesepak bola naturalisasi asal Spanyol, Jordi Amat resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah prosesi pengucapan sumpah yang kemudian berpeluang untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 pada Desember mendatang.
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Di Spanyol, Jordi Amat pernah berhadapan dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

 JAKARTA — Jordi Amat telah resmi menyandang status sebagai warga negara Indonesia (WNI) setelah diambil sumpahnya di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Kamis (17/11). Bersama Sandy Walsh ia mengaku senang resmi sebagai WNI setelah melalui proses panjang naturalisasi.


Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong sangat menginginkan naturaliasi Jordi segera rampung. Pasalnya, Shin menilai Jordi dapat menambah kekuatan pasukan Merah Putih untuk turnamen Internasional yang akan dilakoni ke depan. Siapa sebenarnya Jordi yang membuat Shin kepincut unutk menaturalisasinya?


Menurut catatan transfermark, Jordi merupakan pemain kelahiran Barcelona pada 21 Maret 1992. Ia memiliki darah keturunan Indonesia dari neneknya. Ia punya garis keturunan dari Raja MD Kansil, Kerajaan Siau, Sulawesi Utara, alias berdarah biru.

BACA JUGA:
UEFA Turun Tangan Selidiki Dugaan Kecurangan yang Dilakukan Juventus


Jordi mempunyai catatan 16 penampilan bersama timnas Spanyol U-21.


Ia adalah lulusan akademi muda Espanyol. Kariernya terus menanjak hingga perlahan promosi ke tim utama pada 2010. Dua tahun kemudian, Jordi berlabuh ke tim La Liga lainnya Rayo Vallecano sebagai pemain pinjaman selama satu musim. Selama di Spanyol, ia pernah menghadapi penyerang-penyerang papan atas, di antaranya Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.


Pada tahun 2013, ia hijrah ke Inggris dengan memperkuat Swansea City. Ia tampil penuh ketika Swansea mengalahkan Manchester United 2-1 di Old Trafford pada 16 Agustus 2014. 

BACA JUGA:
PSSI Panggil Ilija Spasojevic ke Timnas Indonesia untuk Gantikan Dimas Drajad


Ia kemudian kembali ke Spanyol untuk memperkuat Real Betis sebagai pemain pinjaman selama satu musim pada 2017. Pada 2018, Swansea menjualnya kepada Rayo Vallecano sebelum satu tahun kemudian dipinjamkan ke klub Belgia KAS Eupen.


Ia menjadi pemain permanen KAS Eupen pada 2020 dan sejak Juli 2022 ia berseragam tim papan atas Malaysia Johor DT. Pengalamannya bermain di Liga Inggris, La Liga dan Liga Belgia serta kompetisi Eropa diharapkan memberikan keuntungan bagi timnas Indonesia. 


Jordi Amat Maas


Lahir: 21 Maret 1992 (30 tahun), Canet de Mar, Spanyol


Awal karier: 2009


Tinggi: 1,84 m


Berat: 80 kg


Kebangsaan: Indonesia, Spanyol


Tim saat ini: Johor Darul Ta’zim FC (#55/Bek)

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Jordi Amat Resmi WNI, Ini Perjalanan Kariernya dari Liga Spanyol Hingga Liga Inggris
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!