Selasa, 16/04/2024 - 22:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Makanan Tinggi Garam Berkontribusi Tingkatkan Stres

ADVERTISEMENTS

Penelitian ungkap makanan tinggi garam tingkatkan hormon stres hingga 75 persen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Pola makan yang mengandung banyak garam dapat berkontribusi pada peningkatan tingkat stres, menurut sebuah studi baru. Para ilmuwan menemukan dalam penelitian pada tikus bahwa diet tinggi garam meningkatkan kadar hormon stres hingga 75 persen. 

ADVERTISEMENTS


Para ahli berharap temuan ini akan mendorong peninjauan kembali kebijakan kesehatan masyarakat seputar konsumsi garam, dengan maksud agar produsen mengurangi jumlah garam dalam makanan olahan. Asupan garam yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah kurang dari enam gram sehari, tetapi kebanyakan orang secara teratur makan sekitar sembilan gram.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah


Stres emosional yang berulang pada tikus memicu gejala seperti sindrom iritasi usus besar. Intervensi nutrisi yang menargetkan proses oksidatif utama dapat meningkatkan motivasi, berkontribusi pada tekanan darah tinggi, yang meningkatkan risiko serangan jantung, strok, hingga demensia vaskular.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Psikolog Klinis Ungkap Penyebab Seseorang Terkena Post Holiday Blues


Sementara efek pada jantung dan sistem peredaran darah telah diketahui dengan baik. Namun, hanya sedikit informasi tentang dampak diet tinggi garam pada perilaku seseorang.


Untuk mempelajarinya, para ahli dari University of Edinburgh menggunakan tikus, yang biasanya memiliki diet rendah garam, dan memberikan makanan tinggi garam untuk mencerminkan asupan khas manusia.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah


Peneliti menemukan bahwa kadar hormon stres saat istirahat tidak hanya meningkat, tetapi respons hormon tikus terhadap tekanan lingkungan dua kali lipat dari tikus yang memiliki pola makan normal. Asupan garam meningkatkan aktivitas gen yang menghasilkan protein di otak dan mengontrol tubuh merespons stres.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal


Para ahli mengatakan penelitian lebih lanjut sedang dilakukan untuk memahami asupan garam yang tinggi menyebabkan perubahan perilaku lain seperti kecemasan dan agresi. Studi ini dipublikasikan di Penelitian Kardiovaskular, didanai oleh British Heart Foundation dan Kidney Research UK.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Makan Cokelat Baik atau Buruk untuk Kesehatan? Ini Jawabannya


Matthew Bailey, Profesor Fisiologi Ginjal di Pusat Ilmu Kardiovaskular Universitas of Edinburgh, mengatakan seseorang adalah apa yang dia makan dan memahami makanan tinggi garam demi mengubah kesehatan mental merupakan langkah penting untuk meningkatkan kesejahteraan. 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024


“Kita tahu bahwa makan terlalu banyak garam merusak jantung, pembuluh darah, dan ginjal kita. Studi ini sekarang memberi tahu kita bahwa garam yang tinggi dalam makanan kita juga mengubah cara otak kita menangani stres,” kata Bailey, seperti dikutip dari news-medical.net, Kamis (17/11/2022).

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi