IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Nadim Klaim Kampus Merdeka Sudah Jadi Gerakan

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengeklaim program Kampus Merdeka sudah jadi gerakan.
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengeklaim program Kampus Merdeka sudah jadi gerakan.

PADANG — Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikburistek), Nadiem Anwar Makarim menyebutkan berbagai capaian serta dampak positif program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). MBKM diluncurkan pada Januari 2020 sebagai episode kedua Merdeka Belajar, tepat tiga bulan saat Menteri Nadiem menjabat.


“Merdeka Belajar Kampus Merdeka sudah bukan sekadar kebijakan, tapi sudah jadi gerakan,” kata Nadiem saat berdiskusi dengan Civitas Akademika di Universitas Negeri Padang, Kamis (17/11/2022).


Ia menjelaskan sebanyak 179 ribu mahasiswa dari Sabang sampai Merauke telah mengikuti program yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Sementara itu, sebesar 250.985 mahasiswa telah mengikuti program Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh kampus.

BACA JUGA:
Kejar Prestasi di Bidang Nonakademik, tidak Berarti Mengabaikan Perkuliahan


Jika dalam kurun waktu dua tahun sejak kebijakan ini diluncurkan Nadiem menyebut sudah membuktikan adanya dampak yang luar biasa dari MBKM. Secara spesifik, Nadiem mencatat  ada 3.499 mahasiswa peserta MBKM asal Sumatra Barat. 3.194 di antaranya berasal dari Kota Padang.


“Saya yakin kita semakin mampu berkolaborasi untuk menciptakan prestasi-prestasi yang lebih hebat,” ucap Nadiem.

BACA JUGA:
Unika Atma Jaya Kukuhkan Dua Guru Besar Bidang Ekonomi dan Psikologi


Pada kesempatan ini, Mendikbudristek mengapresiasi kepesertaan civitas akademika Sumatra Barat dalam program-program MBKM. Ia menyebut ada enam program Kampus Merdeka, yakni Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Wirausaha Merdeka, dan Praktisi Mengajar.


“Saya mendorong pelaksanaan Kampus Merdeka Mandiri di seluruh perguruan tinggi agar berjalan secara optimal dan berkesinambungan,” ujar dia.


Laporan evaluasi MBKM di tahun 2021 menunjukkan bahwa mahasiswa peserta memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terhadap program-program MBKM. Sebanyak 93,7 persen mahasiswa peserta program Kampus Mengajar merasa puas dengan pengalaman menjalankan program tersebut, dan 94,3 persen merasa bahwa program ini patut direkomendasikan.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Nadim Klaim Kampus Merdeka Sudah Jadi Gerakan
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!