Kamis, 18/04/2024 - 14:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Agar Sehat, Jumlah Jam Tidur Ternyata Bergantung pada Usia

ADVERTISEMENTS

Durasi tidur yang direkomendasikan untuk sehat dikelompokan sesuai usia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Tidur sangat penting bagi setiap orang dari berbagai kelompok usia karena berfungsi memulihkan tubuh dan pikiran. Proses pemulihan ini membuat tubuh tetap sehat, berenergi dan meningkatkan kejernihan mental, memori, konsentrasi, peradangan, suasana hati, dan aspek vital lainnya dari tubuh manusia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Di sisi lain, kurang tidur telah dikaitkan dengan efek kesehatan negatif seperti kesehatan mental yang buruk, obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan bahkan kematian dini. Jadi, berapa lama tidur yang dibutuhkan untuk menjadi sehat? Jawabannya sangat tergantung pada usia Anda.

ADVERTISEMENTS


Berikut durasi tidur yang direkomendasikan untuk setiap kelompok umur seperti dilansir dari Yahoo Life, Sabtu (19/11/2022).


 


1. Bayi baru lahir (0-3 bulan)

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Jumlah tidur yang disarankan untuk bayi baru lahir bervariasi. American Academy of Sleep Medicine tidak menemukan rekomendasi durasi tidur yang ditetapkan untuk bayi baru lahir, sementara Health of Canada’s Children and Youth merekomendasikan 14 hingga 17 jam.

Berita Lainnya:
Tips Makan Enak tanpa Muncul Masalah Saat Lebaran


 


2. Bayi (4-12 bulan)


Saat bayi tumbuh, mereka juga membutuhkan tidur restoratif selama berjam-jam. Bayi membutuhkan antara 12 hingga 16 jam tidur per 24 jam, termasuk tidur siang. Sementara banyak orang tua khawatir bahwa bayi mereka tidur terlalu banyak, jumlah tidur ini sebenarnya merupakan tanda pertumbuhan si kecil yang sehat. Pada dasarnya, seorang bayi memiliki satu pekerjaan, yaitu tidur.


 


3. Balita (1-2 tahun)


Balita membutuhkan tidur siang karena suatu alasan: mereka disarankan untuk tidur selama 11 hingga 14 jam dalam sehari sebagai bagian dari perkembangan yang sehat. Pastikan untuk memprioritaskan waktu tidur siang agar tubuh dan pikiran mereka berkembang optimal.

Berita Lainnya:
Tak Cuci Muka Malam Hari, Ini Dampak Buruk yang Bisa Terjadi pada Wajah


 


4. Anak-anak prasekolah (3-5 tahun)


Anak kecil juga membutuhkan tidur yang lama dalam sehari antara 10 dan 13 jam. Karenanya tidur siang sangat penting untuk kelompok ini. Pada usia ini, penting untuk menetapkan waktu tidur, jam bangun, dan waktu tidur siang yang teratur untuk memastikan kebiasaan tidur yang sehat bagi anak.


 


5. Anak-anak usia sekolah (5-12 tahun)


Anak-anak yang sedang tumbuh masih membutuhkan lebih banyak tidur daripada orang dewasa, dimana kelompok usia ini membutuhkan antara 9 dan 12 jam tidur dalam sehari. Karena semua anak berbeda, beberapa anak mungkin perlu tidur sebentar sepulang sekolah, sementara yang lain tidak. Selain itu, karena ada jam sekolah yang dimulai lebih awal, penting untuk membiasakan anak tidak tidur larut malam.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi