Sabtu, 20/04/2024 - 13:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Dokter Sebut Perlunya Deteksi Dini untuk Cegah Demensia

ADVERTISEMENTS

Meski demikian, lanjutnya, apabila sudah pada tahapan tertentu penanganan penderita demensia dioptimalkan agar tidak memburuk atau ke tingkat keparahan selanjutnya. “Tujuannya agar penderita dapat beradaptasi dengan kondisinya dengan kualitas hidup yang maksimal,” ucap dia, melalui keterangan, Jumat (18/11/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Dia menjelaskan pemeriksaan saraf, mental dan yang dikenal dengan tes fungsi luhur akan mengawali tindakan diagnosa. Selanjutnya, dilakukan pemindaian otak, CT scan, MRI atau PET scan dan tindakan pendukung lainnya. Beberapa terapi khusus dan penting adanya dukungan keluarga dan lingkungan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Diibaratkan sebuah rumah, dimensia dan salah satu ruangan di dalamnya adalah alzheimer. Dapat diartikan alzheimer adalah salah satu tipe demensia paling umum,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Gejala Penyakit Jantung Bukan Hanya Nyeri Dada, Tandanya Juga Terlihat di Kaki-Jari Kaki


Konsultasi berkelanjutan menjadi langkah tepat untuk memantau perkembangan. Penanganan yang ideal adalah menjalankan pola hidup sehat, berolahraga rutin, asupan nutrisi cukup sekaligus melatih otak secara berkala. Selain itu penting mengelola penyakit penyerta, seperti diabetes, kolesterol, hipertensi yang merupakan hal yang dapat dilakukan dalam mencegah keluhan penyakit demensia.


Demensia, lanjut dia, bisa terjadi ketika otak mengalami penurunan kondisi karena penyakit, seperti alzheimer, serangan stroke dan trauma kepala.


“Secara detail, demensia merupakan kondisi penurunan fungsi otak, seperti hilangnya memori dan kemampuan menilai atau juga daya ingat, pola berpikir dan akan mengganggu kemandirian aktivitas penderita,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
BKKBN Tekankan Pentingnya Peran Ibu Bagi Keluarga


 


Dari banyak tipe demensia, data menunjukkan yang sering ditemukan adalah alzheimer, yang akan berhubungan dengan perubahan genetik dan protein di otak. Ada juga tipe lain seperti Demensia Vaskular yang diakibatkan gangguan pada pembuluh darah otak.


Untuk faktor risikonya, antara lain disebabkan pertambahan usia, genetik keluarga, pola makan tidak sehat, jarang berolahraga, karena merokok, dan kecanduan alkohol. Faktor risiko juga dipicu dengan beberapa kondisi seperti depresi, down syndrome, sleep apnea, hipertensi, obesitas maupun diabetes.


Gejala utama penderita demensia adalah penurunan memori dan perubahan pola pikir yang tampak pada perilaku dan cara bicara, dan cenderung memburuk seiring waktu.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi