IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Mahasiswa FTUI Buat Panel Surya Gulung dari Limbah Plastik

Panel energi tenaga surya. (ilustrasi)

Dari kedua latar belakang tersebut, mereka tergerak untuk membuat Parasol. Inovasi panel surya alternatif ini dirancang dalam bentuk plastik gulung yang praktis, fleksibel dan semi transparan.


Parasol memanfaatkan prinsip perovskite solar cell dengan nilai efisiensi yang mampu bersaing dengan panel surya konvensional.


 


Pemilihan sampah plastik PET (polyethylene terephthalate) dilakukan sebab plastik jenis ini yang paling mudah ditemukan serta didaur ulang dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Hal ini juga selaras dengan prinsip PARASOL yang fleksibel.


Parasol memiliki cara kerja yang mirip seperti panel surya silikon pada umumnya. Perangkat ini bekerja dengan memanfaatkan sinar matahari. Parasol memiliki bentuk yang praktis dan dapat bekerja pada kondisi minim cahaya matahari.

BACAAN LAIN:
Ingin Masuk Universitas Airlangga? Ada Empat Jalur yang Bisa Dijajal


Manufakturnya yang lebih sederhana membuat Parasol memiliki harga jauh lebih terjangkau dibandingkan panel surya konvensional. Selain itu, Parasol merupakan panel surya yang lebih ramah lingkungan karena memanfaatkan limbah plastik PET sebagai salah satu komponennya.


Selain itu, sampah PET pun merupakan sumber pencemaran tertinggi dari semua jenis sampah plastik. Maka, potensi untuk dimanfaatkan kembali menjadi lebih besar.

BACAAN LAIN:
Siswa dan Guru Apresiasi CreaBesT 2023 yang Digelar UNM dengan Mandiri Digital Universe


Berkat desain Parasol, tim UI berhasil menjuarai kompetisi ESG Symposium 2022 Hacks to Heal Our Planet: ESG Idea Pitching Regional Competition yang diselenggarakan oleh PT Siam Cement Group (SCG).


Pada tingkat nasional, tim UI terlebih dahulu mengalahkan 230 tim dari Indonesia sebelum melaju ke tingkat regional.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Mahasiswa FTUI Buat Panel Surya Gulung dari Limbah Plastik
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!