Surat Cinta Dosen USK

Surat Cinta Ketua Jurusan Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik, USK, Dr. Laina Hilma Sari, ST, M.Sc (kiri). FOTO/Kolase
Surat Cinta (kanan) Ketua Jurusan Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik, USK, Dr. Laina Hilma Sari, ST, M.Sc (kiri). FOTO/Kolase
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

JIKA kamu pernah ngampus atau memang sedang dan masih sibuk di kampus, maka yang namanya pengumuman macam-macam dari kantor sekretariat atau jurusan sekayak surat edaran dan pemberitahuan adalah hal yang biasa. Namun kali ini terjadi hal yang tak biasa di Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. Pasalnya surat tersebut berisi himbauan soal bau badan.

Surat pemberitahuan dengan Nomor B/885/UN11.1.4/4/LL/2022 itu resmi. Waktu pertama menemukannya di sosial media saya merasa antara percaya tidak percaya. Namun ini surat asli, menggunakan kop Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur dan Perencanaan. Ditandatangani langsung oleh Ketua Jurusan Arsitektur dan Perencanaan USK, Laina Hilma Sari.

Paragraf awal berbunyi, “Pemberitahuan, sehubungan dengan banyaknya mahasiswa yang memiliki bau badan. Padahal Kegiatan belajar dan asistensi dengan dosen akan memberikan waktu yang banyak untuk berinteraksi dengan orang lain.”

Kemudian dilanjutkan dengan, “Hal ini menyebabkan banyaknya keluhan dosen, terutama pada saat asistensi. Untuk itu perlu mahasiswa membaca panduan untuk mengurangi bau badan berikut ini,”.

BACA JUGA:
Miras Haram dalam Islam, Kok Disebut Minuman Rasulullah?

Surat tersebut dilanjutkan dengan panduan untuk mengurangi bau badan seperti mandi secara teratur, menggunakan sabun anti bakteri, mengeringkan badan dengan baik, memilih pakaian yang sejuk, mengganti baju dan pakaian dalam secara teratur  sampai anjuran mengurangi makan minyak dan bawang.

Sebagai generasi yang sudah mengkhatamkan masa ngampus, saya memahami bahwa pengumuman ini adalah sebuah perjalanan panjang dari pengalaman para dosen yang telah sampai pada satu titik dimana kesabaran dan keiklasan saling menyemangati satu sama lain untuk tetap bertahan. Jadi saya membaca surat ini sebagai bukti cinta dari para dosen untuk mahasiswanya.

BACA JUGA:
Miras Haram dalam Islam, Kok Disebut Minuman Rasulullah?

Sehingga mahasiswa tidak seharusnya baper dengan surat pemberitahuan tersebut.  Toh perintah untuk memperindah diri dan berhias juga disebutkan dalam Al-Qur`an.

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid…,” (QS.Al-A`raf :31)

Di dalam ayat yang lain Allah berfirman :

“Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih,” (QS. At-Taubah:108).

Nabi SAW memperkuat hal diatas dengan bersabda, “Sesungguhnya bersih itu separuh dari iman”. Para ulama menafsirkan hadits di atas dengan menyampaikan bahwa pahala menjaga kebersihan berlipat hingga sampai separuh iman.

Terkait anjuran mandi, Islam datang dengan memerintahkan kaum Muslim untuk bersuci, mewajibkan mandi dan menganjurkannya. Ditambah dengan kewajiban wudhu yang umumnya dilakukan lima kali dalam sehari. MasyaAllah,  bersih dan indah itu sunnah Nabi.

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Surat Cinta Dosen USK
Langganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!

Follow us