Jumat, 19/04/2024 - 07:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

PLN Operasikan SUTT 150 kV Lintasi Selat Sebuku di Kalsel

ADVERTISEMENTS

PLN mampu merealisasikan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) hingga 86,7 persen.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — PT PLN (Persero) berhasil memberikan tegangan atau energize saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kiloVolt (kV) Selaru-Sebuku di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Dalam membangun jaringan ini, PLN mampu merealisasikan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) hingga 86,7 persen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kehadiran infrastruktur ini bakal meningkatkan keandalan listrik di Pulau Sebuku, di mana 1.981 pelanggan yang sebelumnya hanya bisa menikmati listrik 12 jam, nantinya bisa menikmati listrik 24 jam. Selain itu, SUTT 150 kV ini juga mendukung kebutuhan industri PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO).

ADVERTISEMENTS

Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru, Said Akhmad mengapresiasi PLN yang berhasil mengoperasikan SUTT 150 kV Selaru–Sebuku. Pihaknya turut mengawal proyek ini karena nantinya mendukung program perencanaan dan pengembangan daerah.

Berita Lainnya:
Tiga Kementerian dan Bank Mandiri Berkolaborasi Pangkas Transaksi di Pelabuhan

“Alhamdulillah dengan keberhasilan penyaluran tegangan tinggi ini, masyarakat di Kecamatan Pulau Sebuku dapat menikmati listrik 24 jam, dan tentu kawasan industri Sebuku akan lebih cepat berkembang,” kata Said dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (20/11/2022).

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) Josua Simanungkalit menjelaskan, pembangunan SUTT 150 kV Selaru-Sebuku memiliki panjang lintasan 76,04 kilometer sirkuit (kms) dan ditopang oleh 114 tower.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sebanyak 6 tower dibangun tepat di atas perairan Selat Sebuku, di mana 3 tower di antaranya merupakan tower spesial yang memiliki ketinggian lebih dibandingkan tower standar. Hal ini guna mengakomodir lalu lintas kapal yang berada di perairan Selat Sebuku. Dalam pembangunan SUTT 150 kV Selaru-Sebuku ini, PLN mengeluarkan investasi sebesar Rp 175,64 miliar.

Berita Lainnya:
Libur Lebaran, PLN ICON Plus Jakarta dan Banten Siagakan Petugas


“Dalam proses pembangunannya, transmisi ini memanfaatkan 86,7 persen TKDN dan mampu menyerap tenaga kerja lokal hingga 539 orang. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang mendukung kemajuan Provinsi Kalsel melalui pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan,” jelas Josua.


Josua menambahkan dengan penyelesaian dan pengoperasian transmisi ini membuat PLN semakin siap melistriki kebutuhan pelanggan, termasuk pelanggan tegangan tinggi.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi