Rabu, 17/04/2024 - 06:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Bareskrim Sebut Penipuan Bermodus Pinjol Merupakan Modus Baru

ADVERTISEMENTS

Mahasiswa dimanfaatkan oleh pelaku penipuan untuk meminjam modalnya dari pinjol.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

BOGOR—Polisi menetapkan Siti Aisyah Nasution (29 tahun) menjadi tersangka kasus penipuan dan penggelapan yang menimbulkan kerugian ratusan mahasiswa di Bogor hingga Rp 2,3 miliar. Bareskrim Polri mengungkapkan, cara yang digunakan tersangka menjalankan aksi kejahatannya merupakan modus baru penipuan.

ADVERTISEMENTS

Usai menggelar acara ‘Sosialisasi Waspada Investasi dan Pinjol Ilegal’ di IPB Dramaga, Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Kombes Ma’mun, mengatakan ratusan mahasiswa IPB University bukanlah korban penipuan pinjaman online (pinjol).

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

“Tapi murni korban penipuan investasi, di mana mahasiswa diperalat untuk meminjam modalnya dengan menggunakan pinjol. Kelihatannya modus baru ini ya. Jadi baru nemu ini,” ujarnya di Bogor, Senin (21/11/2022).

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Anak Muda Peminjam Terbanyak di Platform Pinjaman Fintech

Terkait kelanjutan perkaranya, Ma’mun mengaku tidak bisa menjelaskan lebih jauh. Menurutnya, yang jelas para mahasiswa tersebut ditipu menggunakan media pinjol.

“Kalau detail perkaranya saya enggak tahu ya, karena bukan saya yang menangani. Saya enggak berani bicara. Tapi yang jelas mahasiswa dimanfaatkan pelaku penipuan untuk meminjam modalnya dari pinjol,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Lebih lanjut, dia mengatakan, pihaknha telah berkoordinasi dengan Polres Bogor terkait penanganan kasus tersebut. Menurutnya, penanganan kasus tersebut dilakukan seperti kasus penipuan pada umumnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

“Kita sudah melakukan asistensi ke Polres Bogor untuk penanganannya. Jadi kita kirim tim di sana untuk menata gini loh penanganannya. Ternyata enggak ada yang istimewa. Hanya memang dilakukan penyelidikan sesuai dengan ketentuan saja,” tuturnya.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Menag Klaim Jemaah Salat Id di Istiqlal Tahun Ini Pecahkan Rekor karena Jokowi

Sebelumnya, polisi mengungkap modus Siti Aisyah Nasution menipu ratusan mahasiswa di Bogor hingga terlilit pinjol. Untuk menyiasatinya, pelaku meminta korban-korbannya belanja di toko online yang diklaim sebagai miliknya, sehingga uang yang dibayar masuk ke dalam rekening pribadinya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

“Pinjaman online itu ada yang tidak mengakomodasi pencairan langsung, kemudian pelaku menyiasati yang tidak cair langsung itu dan bisa cair kalau ada transaksi, ini kemudian disiasati dengan cara seolah-olah bertransaksi jual beli di toko online, lalu kemudian diambil dalam bentuk uang,” kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Jumat (18/11/2022).

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi