Kamis, 25/04/2024 - 02:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

DIGITALEKONOMI

Dukung Pemberdayaan Perempuan, Evermos Peroleh Penghargaan

ADVERTISEMENTS

Evermos menang penghargaan prestisius atas komitmennya pada kesetaraan gender.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA –Evermos menang penghargaan prestisius atas komitmennya pada kesetaraan gender, yaitu UN Women 2022 Indonesia Women Empowerment Principles (WEP’s) Award untuk kategori Transparency & Reporting. Dengan mengimplementasikan framework yang akuntabel untuk meningkatkan indikator gender, social commerce asal Bandung ini berhasil menyabet posisi pertama Setelah proses kurasi setidaknya 100 kandidat perusahaan, startup, dan UKM dari berbagai kota di Indonesia. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Risaa E. Rustam, Director of Finance & Human Resource Indonesia Stock Exchange sebagai juri independen bersama para ahli pemberdayaan perempuan, menyampaikan pada pengumuman pemenang UN Women 2022 Indonesia WEPs Award, “Kategori Transparency and Reporting mengapresiasi komitmen transparansi dan pelaporan data gender untuk terus mengukur (measure), menganalisis (analyze), dan melaporkan (report) performa kebijakan dan praktek kesetaraan gender ke seluruh rantai nilai (value chain) perusahaan.” Penghargaan yang didukung oleh Uni Eropa ini diadakan untuk mengangkat praktek kesetaraan gender yang baik sebagai percontohan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Ghufron Mustaqim, CEO dan Co-Founder Evermos mengatakan,Evermos terlahir dari visi membuat wirausaha lebih mudah dan inklusif. Maka dari itu, pemberdayaan perempuan merupakan bagian yang tak dapat terlepas dari Evermos sejak hari pertama. 

ADVERTISEMENTS


“Kami membangun jalur komunikasi khusus untuk terus menyuarakan program pemberdayaan perempuan Evermos ke seluruh ekosistem perusahaan,” kata dia dalam keterangan persnya, Senin (21/11/2022).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Sekitar 73% dari 500.000 reseller Evermos merupakan perempuan di luar kota besar dan mayoritas merupakan Ibu Rumah Tangga. Mereka berjuang untuk menambah pemasukan keluarganya tanpa harus meninggalkan perannya sebagai ibu, istri, maupun saudari di rumah. Dikenal sebagai social commerce nomor 1 di Indonesia, Evermos menyediakan dampingan dan dukungan yang komprehensif secara end-to-end bagi mereka hingga bisa berjualan dengan profesional.

Berita Lainnya:
Arus Balik, Jasa Marga: 113 Ribu Kendaraan Masuk GT Cikampek


Sementara di sisi lain, brand dan UKM lokal membutuhkan jaringan penjualan yang dapat mencapai luar kota-kota besar untuk menumbuhkan usahanya. Tak jarang, konsumen di luar kota besar juga kesulitan dalam mendapatkan barang yang berkualitas dan terjangkau. Hal ini mendorong lebih dari 1000 brand untuk bergabung dengan Evermos dan hampir setengahnya dipimpin oleh perempuan.


Untuk dapat memberikan berbagai dampak tersebut, Evermos memulai semangat pemberdayaannya dari dalam perusahaan. “Evermos berikhtiar untuk memberikan keteladanan bagaimana kami mendukung kesetaraan gender. Harapannya dapat menjadi inspirasi bagi stakeholders lain di ekosistem kami untuk melakukan hal yang sama bahkan dengan lebih baik.” lanjut Ghufron.


Evermos mengadakan beberapa program internal mulai dari seminar, pelatihan, kebijakan lokasi kerja fleksibel (flexible working arrangement) termasuk untuk para Ibu, serta gerakan #MelangkahBersama yang menjamin lingkungan kerja suportif dan aman terutama dari intimidasi, diskriminasi, dan gangguan. 


Pada Hari Ibu kemarin, Evermos mendatangkan psikolog untuk berbagi wawasan tentang serba-serbi yang dialami oleh seorang Ibu. Di luar dugaan pemateri, dari ratusan pegawai internal perusahaan yang menjadi peserta, tidak sedikit laki-laki ikut bergabung untuk dapat lebih memahami perempuan.


komitmen


Pada akhir tahun 2021, Evermos menjadi penandatangan WEPs dari UN Women dan membentuk tim women empowerment yang terdiri dari anggota lintas departemen. Tim ini bertujuan untuk membuat pemberdayaan perempuan di dalam perusahaan menjadi semakin jelas, terpantau, dan transparan. Termasuk merancang laporan program pemberdayaan perempuan yang selama ini dan selanjutnya terlaksana di Evermos.

Berita Lainnya:
Meriahkan Ramadhan, BSI Maslahat Sebar Kebaikan Hingga Rp 11,24 Miliar  


Tim women empowerment Evermos juga mengimplementasikan alat dari WEPs, Gender Gap Analysis Tools (GGAT), yang dirancang untuk menilai kinerja penerapan kesetaraan gender di 4 kuadran: kepemimpinan (leadership), tempat kerja (workplace), marketplace, serta komunitas (community). Dalam jeda waktu satu kuartal di awal tahun 2022, Evermos memperbaiki struktur, komunikasi, serta komitmen masing-masing departemen, sehingga berhasil mendapat 34% peningkatan nilai GGAT menjadi 51% di kuartal kedua.


Sejak kehadiran tim women empowerment tersebut, program-program pemberdayaan perempuan di Evermos terdokumentasi lebih baik. Tahun ini saja, Evermos memenangkan dua penghargaan prestisius sekaligus untuk komitmennya dalam kesetaraan gender. Yang pertama adalah 3G Championship Award 2022 oleh Cambridge International Financial Advisory di Dubai, Evermos menang untuk kategori Women Empowerment. Kedua adalah Transformational Business Awards 2022 yang diadakan oleh media terkemuka Financial Times dan anggota World Bank Group, International Finance Corporation, untuk kategori Gender-lens Finance.


“Penghargaan ini sebagai tanda bahwa upaya Evermos untuk memberdayakan wanita Indonesia selangkah lebih maju membangun kesejahteraan yang semakin inklusif. Tujuan kami ingin memberikan dampak lebih luas. Ada sekitar 30 juta pelaku usaha wanita yang bisa kami dukung, ini adalah langkah awal.” tutup Ghufron.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi