Jumat, 19/04/2024 - 22:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Menlu Korut: Sekjen PBB Berpihak

ADVERTISEMENTS

Menurut Korut, Guterres gagal menjaga imparsialitas dan objektivitas.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 SEOUL — Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) menuduh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres berpihak pada Amerika Serikat (AS). Menurutnya Guterres gagal menjaga imparsialitas dan objektivitas.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Baru-baru ini saya kerap menganggap Sekretaris Jenderal PBB anggota Gedung Putih atau Departemen Luar Negeri AS,” kata Menteri Luar Negeri Korut Choe Son Sui, Ahad (20/11/2022).

ADVERTISEMENTS


Hal itu ia sampaikan dalam pernyataan yang dirilis media pemerintah Korut saat membela hak Pyongyang mengembangkan senjata untuk pertahanannya sendiri. Pekan lalu Korut menembakan apa yang dicurigai sebagai rudal antar-benua (ICBM).

Berita Lainnya:
Seribuan Pemukim Ilegal Yahudi Serang Ramallah


Rudal jarak jauh yang dapat menjangkau AS itu mendarat hanya 200 kilometer dari perbatasan laut Jepang. Peluncuran yang dilaporkan pemerintah Korea Selatan (Korsel) dan Jepang ini dilakukan satu hari setelah Korut menembakan rudal yang lebih kecil sebagai respon atas langkah AS meningkatkan kehadirannya di kawasan.


Peluncuran ini menambah jumlah tembakan rudal Korut tahun ini yang sudah tembus rekor. Tahun ini Pyongyang juga menguji ICBM untuk pertama kalinya sejak 2017. Korut mengakhiri moratorium peluncuran rudal jarak jauhnya ketika perundingan denuklirisasi mengalami kebuntuan.  

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Tujuh Relawan WCK Terbunuh oleh Israel, Biden: Saya Merasa Marah dan Terpukul


Militer Korsel memproyeksikan ketinggian rudal itu mencapai 6.100 kilometer dan terbang sejauh 1.000 kilometer dengan kecepatan maksimal 22 Mach.


Korut kerap menggelar uji coba dengan menggunakan lintasan “tinggi” di mana rudal dapat terbang lebih tinggi ke angkasa tapi jaraknya lebih pendek dibandingkan dengan lintasan normal.


Pangkalan Militer Misawa yang menjadi pangkalan pasukan AS dan Jepang sempat mengeluarkan perintah untuk mencari perlindungan.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi