Selasa, 16/04/2024 - 18:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Bripka Ricky Klarifikasi Soal Uang Rp 200 Juta asal Rekening Brigadir J

ADVERTISEMENTS

Pemindahan uang dilakukan setelah Brigadir J meninggal dunia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Bripka Ricky Rizal merespons tudingan mengirim uang dari rekening Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (J) ke rekeningnya sendiri senilai Rp 200 juta. Ia membantah uang itu digunakan untuk kebutuhannya dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J dengan terdakwa Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky, dan Kuat Ma’ruf.

ADVERTISEMENTS

Ricky menjelaskan rekening atas namanya dibuat pada Februari 2021. Uang dari rekening Brigadir J tersebut dipakai keperluan rumah Ferdy Sambo di rumah Magelang.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

“Pembukaan rekening telah disampaikan dari bulan Maret memang atas nama saya, tetapi untuk keperluan rumah tangga di Magelang,” kata Ricky dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (21/11/2022).

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Ricky mengakui adanya transfer dari rekening Brigadir J ke rekeningnya sebanyak Rp 200 juta. Ia mengeklaim transfer itu dilakukan atas instruksi Putri Candrawati usai Brigadir J meninggal dunia.

Berita Lainnya:
Efek Sesajen Vietnam Tidak Ngaruh, Timnas Indonesia Menang 3-0 di Stadion Hanoi!

“Untuk pemindahan rekening atas nama Yosua setahu saya memang rekening atas nama Yosua itu untuk keperluan rumah tangga di Jakarta yang saya lalukan atas perintah Bu Putri Sambo karena yang bersangkutan telah almarhum,” ujar Ricky.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Ricky juga menyebut password dan PIN rekening Brigadir J tidak dirahasiakan karena tercantum di ponsel. Sehingga proses transfer bisa dilakukan lewat ponsel yang dipegangnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

“Saya tidak tahu-menahu apakah (ponsel) dipegang almarhum Yosua terus-menerus atau bergantian (antarajudan). Tetapi memang disitu dicantumkan untuk password dan PIN. Jadi untuk pelaksanaan transfer kita bisa,” ucap Ricky.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Sementara itu, salah satu saksi dalam persidangan ini, pegawai BNI Anita Amalia menyebut adamya perpindahan uang Rp 200 juta dari rekening Brigadir J ke rekening Bripka Ricky Rizal. Total saldo di rekening Bripka Ricky mencapai Rp 622 juta.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024
Berita Lainnya:
Suami Sandra Dewi Baru Boleh Dikunjungi Setelah Sepekan Ditahan

Anita menyebut rekening Bripka Ricky tergolong rekening pribadi. Dari data yang dimilikinya, rekening itu dibuka pada 5 Maret 2021. “Kalau yang terbaru, saya sudah cetak Jumat kemarin terakhir Rp 622.524.890 (Rp 622 juta),” ujar Anita.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Di sisi lain, Anita tidak mengetahui jumlah uang dalam rekening Brigadir J. Sebab dirinya hanya diberi kuasa untuk membuka rekening Bripka Ricky. “Saya ketika di BAP, saya diberi kuasa membuka data nasabah Ricky Rizal. Rekening Yoshua saya tidak ada kuasa untuk membuka data nasabahnya,” ujar Anita.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi