Kamis, 18/04/2024 - 22:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Rusia Minta Turki tak Tingkatkan Eskalasi di Suriah

ADVERTISEMENTS

Rusia telah meminta Turki untuk menahan diri dan tak meningkatkan eskalasi di Suriah

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

MOSKOW – Rusia telah meminta Turki untuk menahan diri dan tidak meningkatkan eskalasi di Suriah. Hal itu sehubungan dengan operasi bernama Claw-Sword yang digelar Turki di Suriah untuk menumpas kelompok milisi Kurdi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kami akan meminta rekan-rekan Turki kami untuk menahan diri guna mencegah peningkatan ketegangan, tidak hanya di wilayah utara dan timur laut Suriah, tetapi di seluruh negeri. Kami percaya bahwa kami harus terus bekerja dengan semua pihak yang berkepentingan dan kami harus mencoba menemukan beberapa solusi yang tepat, termasuk pada apa yang disebut masalah Kurdi,” kata utusan khusus presiden Rusia untuk Suriah Alexander Lavrentiev, Selasa (22/11/2022), dilaporkan kantor berita Rusia, TASS.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Penyakit Kanker Terungkap Saat Kate Middleton Operasi Perut

Dia menjelaskan, selama beberapa bulan terakhir, yakni sejak Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan niatnya untuk melakukan operasi di Suriah, Rusia telah melakukan segala kemungkinan untuk mencegah hal itu terjadi. Setidaknya guna mencegah Turki melakukan semacam operasi militer ofensif skala besar di darat. “Federasi Rusia telah berhasil melakukan ini, dan kami berharap dapat meyakinkan mitra Turki kami untuk menahan diri dari penggunaan kekuatan yang berlebihan di wilayah Suriah,” ucap Lavrentiev.

Sebelumnya Erdogan telah mengancam akan melancarkan operasi militer baru di Suriah. “Kami akan membuat mereka yang mengganggu kami di wilayah kami membayar,” ujarnya Senin (21/11/2022) lalu.

Pada Senin lalu, kota Karkamis yang berada di wilayah perbatasan Turki dengan Suriah menjadi sasaran serangan roket. “Lima mortir/roket ditembakkan ke arah pusat Karkamis. Dua kompatriot kami meninggal. Enam warga kami terluka, dua di antaranya serius,” kata gubernur provinsi Gaziantep tenggara, Davut Gul, lewat akun Twitter resminya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
AS Nyatakan tak Terlibat Serangan Israel ke Konsulat Iran di Suriah

Menurut kantor berita Turki, Anadolu Agency, serangan roket yang diluncurkan dari Suriah itu menghantam sebuah sekolah menengah dan dua rumah serta sebuah truk di dekat perbatasan yang menghubungkan Karkamis dengan kota Jarablus di Suriah. Foto-foto yang dirilis Anadolu memperlihatkan jendela-jendela bangunan hancur dan truk terbakar akibat serangan roket tersebut.

Tak diterangkan siapa pihak yang bertanggung jawab atas serangan tersebut. Pada Ahad (20/11/2022) lalu, serangan sejenis telah terjadi. Sejumlah roket diluncurkan dari Suriah dan menghantam wilayah perbatasan Turki. Kejadian itu menyebabkan enam polisi dan dua tentara terluka.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi