IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Berhenti Merokok Jadi Langkah Jitu Tekan Risiko Kanker, Jangan Percaya Mitos-mitosnya

Selain menjalani terapi, tekad yang kuat dibutuhkan untuk bisa berhenti merokok.

Setidaknya ada lima mitos terkait upaya berhenti merokok.

JAKARTA — World Cancer Research Fund mengungkapkan bahwa faktor gaya hidup bertanggung jawab atas sekitar 155 ribu kasus kanker per tahun. Salah satu modifikasi gaya hidup yang dapat membantu menekan risiko kanker adalah berhenti merokok.

Organisasi tersebut mengatakan penerapan pola makan yang sehat, bergerak aktif, menjaga berat badan yang normal, dan berhenti merokok bisa mencegah sekitar 40 persen kasus kanker. Hal serupa juga diungkapkan oleh Cancer Research UK yang kerap mempromosikan “berhenti merokok”.

Menurut Cancer Research UK, berhenti merokok dapat memangkas kasus kematian akibat kanker. Sebuah studi yang baru dipublikasi pada pekan lalu dalam jurnal PLOS juga mengindikasikan bahwa berhenti merokok bisa mengurangi angka kematian kanker di Inggris dari 27.200 menjadi 16.500.

“Merokok dapat membuat orang-orang berisiko lebih tinggi terhadap beberapa kanker termasuk (kanker) mulut, tenggorokan, dan kandung kemih,” jelas associate clinical director di Bupa Health Clinics, Dr Naveen Puri, seperti dilansir Independent, Rabu (23/11/2022).

BACAAN LAIN:
Tak Hanya Indah, Melihat Sunset Juga Baik untuk Kesehatan Mental

Terkait berhenti merokok, Dr Puri mengatakan ada lima mitos yang sebaiknya tak dipercaya. Berikut ini adalah kelima mitos tersebut.

Mitos 1: Terlambat berhenti

Sebagian orang sudah memiliki kebiasaan merokok selama bertahun-tahun. Hal ini membuat mereka mungkin merasa sudah terlambat untuk berhenti merokok. Padahal, meski tidak mudah, tak ada kata terlambat untuk melepaskan diri dari kebiasaan buruk tersebut.

BACAAN LAIN:
Kecanduan Makanan Cepat Saji Bisa Dialami Usia 50-an ke Atas

Mitos 2: Niat yang utama

Memiliki niat dari dalam diri untuk berhenti merokok memang sangat baik dalam membantu proses berhenti merokok. Akan tetapi, Dr Puri mengatakan ada beragam obat yang bisa membantu pasien untuk meninggalkan kebiasaan merokok.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Berhenti Merokok Jadi Langkah Jitu Tekan Risiko Kanker, Jangan Percaya Mitos-mitosnya
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!