Selasa, 16/04/2024 - 14:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

APLIKASITEKNOLOGI

BRIN Manfaatkan Pengindraan Jauh Pantau Pertumbuhan Padi

ADVERTISEMENTS

Pemantauan pertumbuhan padi diimplementasikan dalam Siscrop 2.0.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memanfaatkan pengindraan jauh untuk mengembangkan sistem pemantauan pertumbuhan padi. Dengan begitu dapat mendukung pengembangan pertanian di Tanah Air.

ADVERTISEMENTS


“Saat ini telah dilakukan pemantauan dengan data terra/aqua modis untuk pertumbuhan padi delapan harian dan menggunakan data sentinel 1 untuk pemantauan 15 harian,” kata peneliti Pusat Riset Pengindraan Jauh Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN M Rokhis Komaruddin dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (22/11/2022).

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah


Rokhis menuturkan, sistem pemantauan pertumbuhan tanaman padi sudah diimplementasikan di Kementerian Pertanian dengan nama Siscrop 2.0. Lewat Siscrop tersebut, pengguna dapat memantau data pertumbuhan padi mulai dari tingkat provinsi hingga tingkat kecamatan.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Ini Alasan Kamu Harus Beli iPhone pada Tahun Ini


Melalui keberhasilan program pemantauan penanaman padi tersebut, periset BRIN, yakni tim yang dipimpin oleh Rokhis dan peneliti Pusat Riset Geospasial Organisasi Riset Kebumian dan Maritim BRIN Rizatus Shofiyati memperoleh APRSAF Space Achievement Awards dari Forum Agensi Antariksa Regional Asia-Pasifik (APRSAF) 2022.


Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk capaian dari kontribusi yang diberikan dalam mendukung program APRSAF. Pemantauan penanaman padi merupakan salah satu aktivitas dari inisiatif Space Application For Environment (SAFE) yang berhasil di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah


“Keberhasilan program ini juga tidak terlepas dari dukungan BRIN, Kementerian Pertanian, JAXA, dan Universitas Tokyo,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Dua Gerhana Diprediksi Terjadi pada Ramadhan, Kapan dan Bisakah Dilihat di Indonesia?


Rokhis mengatakan, pemantauan pertumbuhan tanaman padi merupakan hal krusial untuk dilakukan agar dapat mengetahui perkembangan tanaman. Pemantauan tersebut juga akan memprediksi potensi gangguan seperti banjir, kekeringan dan hama penyakit dan dampaknya pada pertumbuhan padi.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%


Menurut dia, aplikasi tersebut saat ini menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi pemangku kebijakan dari institusi terkait dalam memantau pertumbuhan padi secara berkala untuk menyukseskan pertanian.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024


“Ke depan kami berencana untuk meningkatkan program ini terutama dalam hal akurasi dan juga penyampaian informasi,” ucap dia.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

sumber : antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi