Sabtu, 20/04/2024 - 09:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNETTEKNOLOGI

Cara Manfaatkan Market Intelligence dengan Optimal

ADVERTISEMENTS

Kecerdasan buatan bisa dilibatkan dalam dunia pemasaran masa kini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Di era teknologi, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) juga bisa dilibatkan dalam dunia pemasaran masa kini. Penerapan AI dalam dunia pemasaran bisa juga disebut dengan market intelligence (MI).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Product Manager MarkPlus Insititute, Giovanni Alexander merinci, terdapat sembilan tahapan yang perlu dilakukan untuk menghasilkan MI secara optimal. Pertama, menentukan tujuan dan matriks, menentukan siapa kompetitor dan konsumen, mengoleksi data dengan AI, memproses data menjadi informasi dan memonitor informasi.

ADVERTISEMENTS

Selanjutnya, pemasar perlu melakukan analisa informasi dengan mindful, mempresentasikan knowledge hasil analisa, membuat keputusan dengan etika.


“Kemudian, langkah terakhir dilakukan dengan pembuatan keputusan didampingi AI Ethics Committee untuk menunjang kebijaksanaan yang optimal dari berbagai aspek,” kata Giovanni Alexander dalam webinar series yang digelar oleh MarkPlus beberapa waktu lalu.

Berita Lainnya:
Dosen Cyber University Lolos Program Call For Book Chapters LLDikti Wilayah III

Selain itu, pelaku marketing juga perlu melakukan analisa competitor intelligence, product intelligence, pemahaman pasar dan pemahaman pelanggan. Menurutnya, seluruh proses itu kini bisa dipermudah oleh beragam tools seperti Facebook Ad Library dan Prisync yang didesain untuk memahami strategi iklan dan pricing kompetitor.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Selain itu, pemasar juga bisa memanfaatkan TikTok Creative Center untuk memahami trend serta preferensi digital yang sedang digandrungi konsumen agar pemasar dapat merespon kebutuhan tersebut dengan akurat.

Di satu sisi, ia menekankan, dalam merangkum tahapan kedua yakni menentukan siapa kompetitor dan konsumen, data yang diinput juga harus sangat akurat. Mengingat, kategori kompetitor terdapat tiga kompetitor yakni direct, indirect dan replacement competitors.

“Pada tahap ini, data yang digunakan harus benar-benar sesuai sehingga AI bisa memberikan informasi yang akurat,” ucapnya.

Berita Lainnya:
Mampukah AI Prediksi Kematian Seseorang? Ini Penjelasan Peneliti

Kemudian untuk mempermudah tahapan ketiga yakni mengoleksi data dengan AI, proses ini bisa dilakukan dengan sejumlah cara mulai dari automated data collection, email/message automationn survey, customer relationship management (CRM), social listening tools dan natural language processing (NLP) tools.

Lewat tahapan yang dimudahkan oleh AI ini, maka pemasar bisa mengumpulkan data secara masif dan cepat terkait tren, keluhan, saran dan produk apa saja yang paling banyak disampaikan masyarakat lewat berbagai platform baik itu email, chat, media sosial hingga percakapan konsumen yang disampaikan lewat panggilan suara pada customer care.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi