Kamis, 25/04/2024 - 07:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Erdogan Isyaratkan Kerahkan Kekuatan Penuh Tumpas Milisi Kurdi Suriah

ADVERTISEMENTS

Turki beri syarat pengerahan kekuatan penuh untuk membombardir milisi Kurdi

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, negaranya akan segera menyerang kelompok militan dengan mengerahkan tank dan pasukan. Pernyataannya dinilai merupakan isyarat pengerahan kekuatan penuh untuk membombardir milisi Kurdi di Suriah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Kita telah menekan teroris selama beberapa hari dengan pesawat, meriam, dan senjata kita. Insya Allah, kita akan membasmi mereka semua secepat mungkin, bersama dengan tank kita, tentara kita,” kata Erdogan saat berpidato di timur laut Turki, Selasa (22/11/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Sebelumnya Erdogan telah menyampaikan bahwa operasi penumpasan milisi Kurdi tidak akan terbatas pada kampanye udara dan mungkin turut melibatkan pasukan darat. Sementara itu, Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar berjanji akan melanjutkan operasi melawan kelompok milisi Kurdi. Dia kembali menyerukan sekutu Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO), terutama Amerika Serikat (AS), agar berhenti mendukung pasukan Kurdi Suriah.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
NATO Rencanakan Bantuan Militer Jangka Panjang ke Ukraina

“Kami memberitahu semua mitra kami, terutama AS, di setiap tingkatan, bahwa YPG (Unit Perlindungan Rakyat Kurdi) sama dengan PKK (Partai Pekerja Kurdistan) dan tetap dengan permintaan kami agar mereka menghentikan setiap jenis dukungan untuk teroris,” kata Akar kepada komisi parlemen Turki.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

AS memang bekerja sama dengan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) dalam memerangi ISIS di Suriah. SDF dipimpin oleh YPG. Oleh sebab itu, AS telah mengutarakan keprihatinan atas operasi militer Turki yang bertujuan menumpas milisi Kurdi di Suriah. “Kami telah mendesak Turki untuk menentang operasi semacam itu, sama seperti kami telah mendesak mitra Suriah kami untuk menentang serangan atau eskalasi,” kata seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS.

Rusia juga telah meminta Turki untuk menahan diri dan tidak meningkatkan eskalasi di Suriah. Hal itu sehubungan dengan operasi bernama Claw-Sword yang digelar Turki di Suriah untuk menumpas kelompok milisi Kurdi.

Berita Lainnya:
China Kutuk Serangan Israel ke konsulat Iran di Suriah, Sebut Makin Ciptakan Ketegangan

“Kami akan meminta rekan-rekan Turki kami untuk menahan diri guna mencegah peningkatan ketegangan, tidak hanya di wilayah utara dan timur laut Suriah, tetapi di seluruh negeri. Kami percaya bahwa kami harus terus bekerja dengan semua pihak yang berkepentingan dan kami harus mencoba menemukan beberapa solusi yang tepat, termasuk pada apa yang disebut masalah Kurdi,” kata utusan khusus presiden Rusia untuk Suriah Alexander Lavrentiev, Selasa lalu, dilaporkan kantor berita Rusia, TASS.

Dia menjelaskan, selama beberapa bulan terakhir, yakni sejak Erdogan mengumumkan niatnya untuk melakukan operasi di Suriah, Rusia telah melakukan segala kemungkinan untuk mencegah hal itu terjadi. Setidaknya guna mencegah Turki melakukan semacam operasi militer ofensif skala besar di darat. “Federasi Rusia telah berhasil melakukan ini, dan kami berharap dapat meyakinkan mitra Turki kami untuk menahan diri dari penggunaan kekuatan yang berlebihan di wilayah Suriah,” ucap Lavrentiev.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi