IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

KBRI Tokyo Fasilitasi Penandatanganan MoU UNPAD dan Perusahaan Jepang

Kedutaan Besar RI di Tokyo memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang impor buah mangga antara Institut Pembangunan Jawa Barat Universitas Padjajaran (INJABAR UNPAD) dan dua perusahaan Jepang, yaitu Reuna Co Ltd dan Asia Mining Development.
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

MoU menjadi landasan kerja sama dalam kegiatan bisnis dan riset produk unggulan Jabar

 JAKARTA — Kedutaan Besar RI di Tokyo memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang impor buah mangga antara Institut Pembangunan Jawa Barat Universitas Padjajaran (INJABAR UNPAD) dan dua perusahaan Jepang, yaitu Reuna Co Ltd dan Asia Mining Development. MoU tersebut akan menjadi landasan kerja sama dalam berbagai kegiatan bisnis termasuk kegiatan pendidikan, penelitian, komersialisasi dan hilirisasi hasil riset produk unggulan Jawa Barat, khususnya buah tropis.


“Kami optimistis mangga Indonesia dapat segera masuk ke Jepang pada 2023 saat kedua negara memperingati hubungan diplomatik ke-65 tahun,” kata Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi melalui keterangan tertulis pada Rabu (23/11/2022).


Penandatanganan MoU itu dilakukan dalam rangkaian kegiatan pendampingan KBRI Tokyo untuk pengusaha Jepang dalam kunjungan ke Indonesia pada 16-18 November 2022, guna mengupayakan pembukaan impor buah mangga Indonesia ke Jepang. KBRI Tokyo menggandeng INJABAR UNPAD untuk membawa tujuh importir buah Jepang ke Indonesia melalui kunjungan bisnis dan kunjungan lapangan ke Jawa Barat.

BACA JUGA:
BEM Unkris Kirim Perwakilan untuk Gabung Tim Relawan Peduli Bencana Gempa Bumi Cianjur


Direktur Utama INJABAR UNPAD Keri Lestari memastikan seluruh pemangku kepentingan di Jawa Barat mendukung kerja sama tersebut. Para peneliti, baik dari INJABAR UNPAD maupun Badan Karantina Kementerian Pertanian, telah membuktikan bahwa lalat buah (Bactocera occipitalis) yang dikhawatirkan oleh pemerintah Jepang tidak ditemukan pada mangga yang berasal dari Jawa Barat.

BACA JUGA:
Peneliti UGM Deteksi Gejala Sebelum Gempa M 5,6 di Cianjur


Pada kunjungan ke Indonesia, delegasi bisnis Jepang juga disambut oleh Menteri Pertanian pada 16 November 2022. Mereka mengunjungi Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) Kementerian Pertanian dalam program tiga hari perjalanan bisnis.


Delegasi bisnis Jepang tersebut juga mengunjungi perkebunan mangga di Jawa Barat, salah satunyadi Tomo, Sumedang. 


Salah satu importir buah Jepang, Washin Trading, yang berkesempatan mencicipi mangga gedong gincu di Sumedang, menyampaikan keyakinannya bahwa masyarakat Jepang akan menggemari mangga dari Jawa Barat tersebut. Hal senada juga disampaikan importir buah Asia Mining Development yang menekankan besarnya potensi mangga Indonesia di pasar Jepang.


“Sebagai negara tropis, Indonesia dapat bersaing secara kompetitif dengan negara eksportir mangga lainnya dengan pasokan yang stabil sepanjang tahun,” kata perwakilan Asia Mining Development, Nakamura Shozo.

sumber : Antara

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
KBRI Tokyo Fasilitasi Penandatanganan MoU UNPAD dan Perusahaan Jepang
Langganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!