Kamis, 25/04/2024 - 19:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Presiden Kazakhstan akan Dilantik Sabtu Pekan Ini

ADVERTISEMENTS

Kassym Jomart Tokayev memenangkan pemilu Kazakhstan dengan 81,3 persen suara

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

ASTANA – Otoritas pemilihan negara mengumumkan pada Selasa (22/11/2022) bahwa upacara pelantikan Presiden Kazakhstan Kassym Jomart Tokayev akan diadakan pada Sabtu (26/11/2022) pekan ini. Tokayev menang dalam pemilihan negara melawan sejumlah kandidat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Ketua Komite Pemilihan Pusat, Nurlan Abdirov juga mengumumkan hasil pemilihan akhir. Ia mencatat Tokayev menerima 81,31 persen suara, yang berjumlah sekitar 6,45 juta dari sekitar 12 juta pemilih yang memenuhi syarat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
52 Orang Masih Belum Ditemukan Selepas Gempa Dahsyat di Taiwan

“Zhiguli Dayrabaev adalah lawan terdekat Tokayev yang menerima 3,4 persen suara,” kata Abdirov seperti dilansir laman Anadolu Agency.

ADVERTISEMENTS

Jumlah pemilih adalah 69,4 persen dalam pemilihan, karena hampir 8,3 juta pemilih memberikan suara mereka. Tokayev menyerukan pemilihan awal akhir September dengan sebuah dekrit yang mengatakan pemungutan suara akan meluncurkan siklus pemilihan yang akan mengarah pada pengaturan ulang radikal seluruh sistem politik.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Pengumuman itu muncul setelah presiden menyetujui amandemen konstitusi untuk meningkatkan masa jabatan presiden dari lima tahun menjadi tujuh tahun sambil melarang presiden masa depan menjabat masa jabatan kedua. Langkah lain adalah mengubah nama ibu kota kembali menjadi Astana setelah diubah menjadi Nur-Sultan pada 2019 sebagai penghormatan kepada Presiden Nursultan Nazarbayev yang akan keluar.

Berita Lainnya:
Sesumbar Israel Siap Hadapi Serangan Balasan Iran 

Tokayev mengambil alih sebagai presiden pada Maret 2019, menggantikan Nazarbayev, yang memerintah negara Asia Tengah yang kaya minyak itu selama tiga dekade. Para pemimpin regional mengucapkan selamat kepada Tokayev atas kemenangan pemilihannya, termasuk para pemimpin Rusia, China, Iran, Azerbaijan, Uzbekistan, Tajikistan, Kirgistan, dan Pakistan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi