Rabu, 24/04/2024 - 13:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Siapa Ghanim Al-Muftah? Qari Alquran yang Pukau Jutaan Mata di Pembukaan Piala Dunia 

ADVERTISEMENTS

Ghanim Al-Muftah membacakan Alquran pada pembukaan Piala Dunia

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

DOHA–Beberapa hal menarik dihadirkan dalam acara pembukaan Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Al Bayt pada Ahad (20/11/2022) lalu. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Salah satunya adalah momen pembukaan perhelatan Piala Dunia Qatar 2022 dengan pembacaan ayat dari Alquran.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Pembacaan ayat suci Alquran dengan apik dibacakan oleh seorang pemuda Qatar bernama Ghanim Al-Muftah yang khusus membacakan Surat Al-Hujurat ayat 13 saat berdialog dengan aktor senior Hollywood Morgan Freeman dalam menyampaikan pesan persatuan.

ADVERTISEMENTS


Lantas siapa sebenarnya Ghanim Al-Muftah, pemuda yang melantunkan ayat suci Alquran saat pembukaan Piala Dunia FIFA 2022?

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Dilansir dari The Islamic Information, Selasa (22/11/2022), Ghanim Al-Muftah yang juga menjadi duta Piala Dunia 2022 ini merupakan seorang motivator yang aktif membagikan konten-konten motivasi melalui kanal YouTube dan akun media sosialnya.


Ghanim lahir pada 5 Mei 2002, dengan kondisi langka yang dikenal sebagai Caudal Regression Syndrome (CDS). Itu adalah penyakit yang menyebabkan pasien dilahirkan tanpa anggota tubuh bagian bawah. Karena itu, dia membutuhkan kursi roda untuk aktivitasnya.

Berita Lainnya:
Puasa Sunnah Syawal 6 Hari, Apakah Harus Dilakukan Secara Berurutan atau Terpisah?


Namun, alih-alih menghambat hidupnya, Ghanim berhasil mengatasi kondisinya sehingga menjadikannya sosok inspiratif bagi banyak orang.


Pada usia muda, ia mengukir namanya sebagai pengusaha termuda Qatar dan berhasil mendirikan Gharissa Ice Cream, sebuah perusahaan yang berbasis di Qatar yang mengklaim dapat menciptakan pengalaman es krim bintang lima. 


Dengan enam cabang dan 60 karyawan, waralaba telah berkembang ke luar negeri dan di seluruh kawasan Teluk.


Terlepas dari keterbatasan fisiknya, Ghanim menikmati berbagai aktivitas olahraga ekstrem, termasuk berenang, selam skuba, sepak bola, hiking, dan skateboard.


Baca juga: Dulu Anggap Islam Agama Alien, Ini yang Yakinkan Mualaf Chris Skellorn Malah Bersyahadat 


Ghanim bahkan pernah mendaki Jabal Syams, puncak gunung tertinggi di kawasan Teluk.


Ghanim saat ini diketahui sedang menempuh pendidikan sarjana ilmu politik dengan tujuan utama menjadi diplomat. Ia juga dikenal sebagai hafiz Alquran.


Kesuksesan Ghanim tentu tak lepas dari peran kedua orang tuanya yang terus memberikan dukungan positif agar ia bisa hidup normal di luar kemampuannya. 

Berita Lainnya:
Perbedaan Peradaban Islam dengan Yunani, Romawi, dan Bizantium yang Dipuji Barat


Dalam lamannya, ghanimalmuftah.org, disebutkan banyak orang yang meminta ibu Ghanim untuk melakukan aborsi setelah mengetahui kondisi Ghanim. Namun sang ibu memutuskan untuk melanjutkan kehamilannya dan berjanji akan selalu ada untuk anaknya.


Dengan bantuan keluarganya, Ghanim juga berhasil mendirikan Perkumpulan Ghanim yang mendonasikan kursi roda kepada orang-orang yang membutuhkan.


Ghanim telah meraih berbagai penghargaan bergengsi di usianya yang masih sangat muda, antara lain Unsung Heroes from 21st Century (2009), Ambassador for Peace by the Emir of Kuwait Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Sabah (2014) hingga Ambassador for Humanity Brand Ambassador Qatar Financial Center.


Dia juga telah ditunjuk sebagai Duta Kebaikan dan Kemanusiaan oleh Otoritas Regulasi Qatar untuk Kegiatan Amal (RACA) dan Duta Juara Dunia Atletik Paralimpiade 2015. Pada Piala Dunia 2022, Ghanim Al-Muftah ditunjuk sebagai Goodwill Ambassador sekaligus brand ambassador.     

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi