IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Masyarakat Diminta Perbaiki Sanitiasi untuk Cegah Polio

Masyarakat Diminta Perbaiki Sanitiasi untuk Cegah Polio

BANDA ACEH – Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (phbs) dan membangun sanitasi yang baik. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya virus polio pada anak.

Kadinkes Aceh, dr Hanif, menyampaikan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan keluarga dan lingkungan sangat berpengaruh pada pola hidup dan tumbuh kembang anak.

Menurutnya, pencegahan virus polio tidak hanya bertumpu pada Dinas Kesehatan saja melainkan semua elemen turut terlibat. Dimana dinas-dinas lain juga ikut terlibat seperti pembangunan sanitasi atau toilet merupakan tupoksi Dinas PUPR dan Perkim

“Jadi kita harapkan pemerintah kabupaten/kota lebih memperhatikan sanitasi di desa terutama jamban. kita harapkan 100 persen,” kata dr Hanif, Jumat (25/11/2022).

Hanif mencontohkan Kota Banda Aceh yang secara statistik memiliki sanitasi yang bagus dengan persentase 100 persen. Maka dia berharap kabupaten/kota lain dapat membangun sanitasi yang baik.

“Kita harapkan juga penggunaan jamban ini daerah-daerah yang pengunungan dan banyak sungainya,” katanya.

Kawasan-kawasan pengunungan yang punya banyak sungai seperti Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, kemudian Kecamatan Tangse hingga Geumpang Pidie ini memiliki air sungai bersih.

“Pokoknya daerah pengunungan yang air sungainya bagus dan masyarakat sudah terbiasa membuang air besar di sungai,” ujarnya.

Ia berharap pemerintah kabupaten/kota agar lebih memperioritaskan pembangunan toilet dengan menggunakan dana desa. Namun demikian, pihaknya tidak menganjurkan pembangunan toilet umum.

“Kalau toilet umum pemanfaatannya tidak bagus tapi kalau toilet keluarga dipastikan bahwa keluarga itu menggunakan. Jadi kalau dulu bangun toilet umum, kami lebih arahkan toilet keluarga,” tutupnya.[]

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Masyarakat Diminta Perbaiki Sanitiasi untuk Cegah Polio
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!