IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Gejala dan Pengobatan Multiple Myeloma, Kanker yang Diderita Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II menonton sambil tersenyum dari balkon Istana Buckingham setelah upacara Trooping the Color di London, Kamis, 2 Juni 2022. Ratu Elizabeth II dikabarkan menderita multiple myeloma di beberapa bulan terakhir kehidupannya.

Ratu Elizabeth II dikabarkan menderita multiple myeloma menjelang tutup usia.

JAKARTA — Ratu Elizabeth II dikabarkan bergelut dengan penyakit serius di beberapa bulan terakhir kehidupannya. Menurut sahabat mendiang Pangeran Philip, Gyles Brandreth, penyakit serius yang diderita sang ratu di penghujung hidupnya adalah multiple myeloma.

Informasi ini diungkapkan dalam sebuah biografi terbaru, Elizabeth: An Intimate Portrait yang ditulis oleh Brandreth. Brandreth mengatakan penyakit tersebutlah yang mungkin membuat Sang Ratu tampak kelelahan, mengalami penurunan berat badan, dan kerap mengalami masalah mobilitas.

“Saya mendengar bahwa Sang Ratu mengalami suatu jenis myeloma (multiple myeloma), kanker sumsum tulang,” ungkap Brandreth, seperti dilansir Independent, Ahad (27/11/2022).

Brandreth mengungkapkan bahwa multiple myeloma merupakan jenis kanker sumsum tulang yang langka. Multiple myeloma juga kerap mengenai lansia dan dapat memunculkan gejala umum seperti nyeri tulang, khususnya di area panggul dan punggung bawah.

BACAAN LAIN:
Kebiasaan 'Sehat' yang Sebenarnya Justru Merugikan Kesehatan Menurut Dokter

Tak ada terapi pengobatan yang bisa menyembuhkan multiple myeloma untuk saat ini. Akan tetapi, beberapa terapi pengobatan bisa membantu meregulasi sistem imun dan mencegah pelemahan tulang. Terapi-terapi ini dapat membantu menurunkan tingkat keparahan gejala dan memperpanjang harapan hidup pasien hingga beberapa bulan atau dua hingga tiga tahun.

BACAAN LAIN:
Hobi Panjat Tebing, Ini 5 Item Wajib Punya Buat Pemula

Seperti dilansir Mayo Clinic, multiple myeloma merupakan kanker yang terbentuk pada sel plasma. Sel plasma merupakan jenis sel darah putih yang dalam kondisi normal memiliki peran membantu melawan infeksi dengan cara membuat antibodi.

Pada multiple myeloma, sel plasma abnormal berakumulasi di sumsum tulang dan menyingkirkan sel darah yang sehat. Sel plasma yang terjangkit kanker ini lalu memproduksi protein abnormal yang dapat memicu komplikasi.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Gejala dan Pengobatan Multiple Myeloma, Kanker yang Diderita Ratu Elizabeth II
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!