IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Gibran Bocorkan Kemungkinan Kelanjutan Liga 1 2022/2023

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Gibran mengatakan Liga 1 kemungkinan dimulai lagi pada 5 Desember 2022.

 SOLO – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming memperkirakan Liga 1 2022/2023 akan kembali bergulir pada awal Desember mendatang. 


Hal tersebut diungkapkan Gibran ketika ditemui di Balai Kota Solo, Senin (28/11/2022). Pihaknya mengatakan bahwa ada kemungkinan kasta liga tertinggi Indonesia tersebut dimulai pada 5 Desember mendatang. 


“Tanggal 5 (Desember) kan? Tanggal 5, tapi tanpa penonton sudah jelas, tapi nanti ditanya Kevin (bos Persis),” kata Gibran. 


Selain itu, meski liga akan kembali bergulir sistem pertandingannya akan menggunakan bubble atau gelembung. Menurut Gibran, meski hal tersebut merugikan klub, tapi ia memandang lebih baik liga berjalan dulu. “Daripada tidak mulai-mulai ya,” terangnya.


Sementara itu, sisa pertandingan putaran pertama Liga 1 direncanakan akan dipusatkan di Jateng-DIY menggunakan sistem bubble. Rencananya pertandingan akan digelar di Stadion Jatidiri Semarang, Stadion Moch Soebroto Magelang, Stadion Maguwoharjo Sleman, dan Stadion Sultan Agung Bantul.


Sejatinya, sistem bubble bisa dibilang tidak menguntungkan seluruh klub. Hal tersebut mengingat jalannya pertandingan akan seperti Piala Menpora 2021 yang tanpa dukungan suporter.


“Untuk awal (sistem bubble putaran pertama) mungkin tidak ada masalah, karena PT LIB mengejar target untuk bisa selesai (liga segera berjalan),” kata asisten pelatih Persis Solo, Rasiman. 


Rasiman menilai jika pertandingan dilangsungkan dengan sistem seperti semula, pihak LIB perlu melakukan analisis lebih dalam. Khususnya untuk menutup sisa pertandingan selama liga dibekukan.


“Kalau langsung dengan sistem home-away, mereka (PT LIB) mungkin perlu menganalisis beberapa persoalan. Jadwalnya pun tak mungkin bisa main (laga berurutan),” tuturnya.


Sebelumnya, Direktur Utama LIB Ferry Paulus mengatakan pihaknya sudah mengajukan bergulirnya liga ke pemerintahan. Namun, sebelum itu pihaknya juga mengadakan workshop dan sosialisasi pengaturan dan pengamanan pertandingan untuk menyamakan visi dan misi sebelum dilanjutkannya Kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.


“Kami sudah mengajukan proses perizinan, semoga bisa segera keluar dalam waktu dekat. Workshop ini juga kita selenggarakan untuk menyelaraskan poin-poin, terutama dari sisi pengamanan pertandingan. Kita adakan juga praktik simulasi pengamanan pertandingan untuk memunculkan terobosan-terobosan yang perlu dilakukan jika terdapat masalah di stadion,” ungkap Direktur Utama LIB, Ferry Paulus dari keterangan tertulis. 


 

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Gibran Bocorkan Kemungkinan Kelanjutan Liga 1 2022/2023
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!