IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Alami Perubahan Fisik dan Psikis, Ibu Hamil Selalu Butuh Dukungan

Ibu hamil harus mendapatkan dukungan selama masa kehamilan.

Ibu hamil harus mendapatkan dukungan selama masa kehamilan.

 JAKARTA — Ibu hamil atau baru melahirkan perlu mendapatkan dukungan dan perhatian yang cukup untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang dengan baik. “Selama masa kehamilan, banyak perubahan yang terjadi pada wanita, mulai dari fisik hingga psikis, serta yang tidak tampak, yaitu perubahan hormonal,” kata dr Ardiansjah Dara Sjahruddin, Sp.OG. saat menghadiri acara perayaan ulang tahun aplikasi Teman Bumil, dikutip Selasa (29/11/2022).


Pada trimester pertama, hormon yang meningkat dalam tubuh wanita antara lain hormon estrogen dan progesteron. Ditambah lagi, ada pula hormon kehamilan yang muncul, yakni hormon beta chorionic gonadotropin (beta hCG), yang kerap mengakibatkan mual dan muntah.


“Makanya enggak heran trimester pertama sekitar 75-80 persen ibu hamil pasti mual. Nah, yang 20 persen enggak mual atau istilahnya hamil kebo,” ujar dr Dara, sapaan akrab dia.


Ketiga hormon tersebut sangat berpengaruh terhadap perubahan psikis ibu hamil, sehingga jadi lebih sedih, menangis, dan gampang marah-marah. Selain masalah hormonal, ada beberapa faktor eksternal yang menjadi pemicu ibu hamil tidak bahagia atau stres. 

BACAAN LAIN:
Meriah, Shinchan Mejeng di Produk-Produk Somenthinc


Meski kebanyakan terjadi di trimester pertama, kondisi psikis yang naik turun juga bisa berlanjut sampai trimester kedua, bahkan trimester ketiga. “Hal yang paling mengganggu di trimester kedua,” ujar dr. Dara, 


Ia mengatakan, hal yang biasanya terkait dengan perubahan bentuk fisik paling mengganggu ibu hamil. Sementara di trimester ketiga, ibu hamil kerap stres terkait proses persalinan yang akan ditempuhnya kelak. Walau hormon berperan besar, kesedihan pada ibu hamil tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

BACAAN LAIN:
Gula Darah Rendah Bisa Perburuk Penglihatan Diabetisi


“Dampak secara tidak langsung itu ada, ya. Contohnya, ibu-ibu yang bersedih berkepanjangan berpotensi mengalami persalinan prematur. Bisa juga, anaknya kecil. Kita istilahkan BBLR (bayi berat lahir rendah),” kata dr Dara.

sumber : Antara

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Alami Perubahan Fisik dan Psikis, Ibu Hamil Selalu Butuh Dukungan
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!