Jumat, 26/04/2024 - 06:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Bantu Korban Gempa, UPI YAI Gelar Abdimas di Cianjur

ADVERTISEMENTS

Tujuan kegiatan ini untuk meringankan beban warga korban gempa

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

CIANJUR–Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR yang terjadi pada 21 Nopember 2022 lalu di Cianjur Jawa Barat membuat dampak yang cukup parah di wilayah ini. Ribuan bangunan roboh mulai dari rumah warga, tempat ibadah, sekolah, fasilitas umum dengan tingkat skala kerusakan yang berat maupun ringan serta menimbulkan banyak korban jiwa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Sejumlah kalangan dari swasta, pemerintah hingga perorangan memberikan beragam bantuan bagi para korban. Universitas Persada Indonesia (UPI) YAI Jakarta melalui Dana Insentif PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dari Kemendikbudristek Tahun 2022 merespon tragedi gempa di Cianjur.  Dibantu  Universitas Suryakancana Cianjur melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (abdimas) di desa Limbangansari, desa Nagrak dan desa Cikancana kecamatan Gekbrong serta pembangunan MCK Umum di Kampung Sudi RT 02 RW 12 Desa Nagrak Kecamatan Cianjur dan dilanjutkan di Kampung Sudi RT 01 RW 07 Desa Nagrak.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Tujuan  kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah membantu meringankan beban masyarakat korban gempa di Cianjur, khususnya masyarakat di Desa Limbangansari, Nagrak, Kecamatan Cianjur dan Desa Cikancana Kecamatan Gekbrong,  Jawa barat. Kegiatan yang berlangsung dari 12 – 21 Desember 2022 yang disambut sangat antusias oleh warga yang terdampak gempa.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
FKIP UMM Jalin Kerja Sama dengan Yala Rajabaht University Thailand

Wakil Rektor 1 UPI YAI Jakarta, Zainuin Mu’tadin S.Psi, M.Psi dalam keterangan tertulis, Kamis (22/12/2022) mengatakan, pihaknya sudah membangun MCK Umum di lokasi gempa yang tersebar di 8 lokasi, yaitu 3 di Desa Nagrak , 2 di Limbangansari dan 3 di Warungkondang dan sudah kami resmikan penggunaannya pada Selasa kemarin.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Tim dosen dari Universitas Persada Indonesia YAI di desa Limbangansari, Nagrak dan Cikancana melakukan beberapa kegiatan diantaranya adalah trauma healing, konseling di bidang pendidikan, renovasi gedung sekolah, membangun MCK, dan pemberdayaan ekonomi dan pemberdayaan di bidang kesehatan melalui demo masak makanan bergizi dan pemberdayaan ekonomi agar ekonomi masyarkat di ketiga desa tersebut dapat kembali pulih.  

“Selain MCK umum, tim kami juga memberikan pelatihan pemberdayaan ekonomi, baksos, healing pemulihan murid sekolah dan penyuluhan rumah tahan gempa,” kata Zainuin. Adapun untuk bantuan barang berupa alat masak, timbangan bayi untuk posyandu, alat-alat untuk buka usaha, perlengkapan MCK, pembuatan  saluran air terdekat, septictank, torent, lengkap dengan toilet, ember dan bak mandi serta alat tulis dan perlengkapan anak sekolah untuk anak-anak murid sekolah.

Berita Lainnya:
Keras! Akbar Faizal Semprot Menteri Nadiem Makarim Soal Pramuka Tak Lagi Ekskul Wajib Sekolah: Merusak Karakter Bangsa

Pihaknya juga memberikan bantuan produk-produk makanan bergizi, susu dan vitamin untuk ibu hamil, ibu menyusui dan balita, sabun, sikat gigi dan pasta gigi juga perangkat kebersihan sapu, tempat sampah, juga PKM dalam bentuk jasa, pelatihan, penyuluhan, workshop, urban farming, recovery kewirausahaan di Limbangansari, pendampingan dan pelatihan Kelompok Usaha Bersama di Nagrak, Sekolah Darurat Bencana di Nagrak, pembuatan makanan bergizi serta pengembangan KUB di Nagrak Cianjur.

Ustadz Aah Taufik selaku DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Masjid Tarbiyatul Falah RT 02 RW 12 Nagrak mengucapkan rasa terima kasihnya atas bantuan pembangunan MCK Umum. “Saya ucapkan terima kasih, ini juga bantuan untuk korban gempa,” kata Aah.

Hal serupa juga diungkapkan Iyay  (65) salah satu tokoh masyarakat DKM Masjid Al Marif Kampung Sudi Nagrak. “Terima kasih MCK mesjid kami untuk wudhu dan lainnya sudah kembali dibangun pasca gempa,” ungkapnya.

Hendi Saeful Maladi selaku Kepala Desa  Nagrak, mengucapkan terima kasih atas kehadiran tim dosen dan mahassiwa dari Universitas Persada Indonesia YAI yang telah berkenan untuk membantu warga yang berdampak gempa khususnya di desa Nagrak, desa Limbangansari dan desa Cikancana

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi