Rabu, 24/04/2024 - 17:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ini Tips untuk Tingkatkan Kesehatan Mental pada 2023

ADVERTISEMENTS

Berjalan kaki setiap hari dapat mengurangi gejala terkait penyakit mental.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Dengan tahun baru yang sudah di depan mata, sebagian orang mulai berpikir untuk membuat resolusi sepanjang 2023. Secara tradisional, resolusi biasanya berkaitan dengan kesejahteraan personal, misalnya ingin rajin berolahraga, punya berat badan, atau perbaikan finansial.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Menjaga kesehatan mental menjadi salah satu resolusi populer. Jajak pendapat yang dilakukan Forbes Health terhadap 1.005 orang menemukan bahwa 50 persen orang berusia 18 hingga 25 tahun (dan 45 persen dari semua semua kalangan usia) punya resolusi tahun baru untuk meningkatkan kesehatan mental.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kesehatan mental tentunya memainkan peran besar dalam hidup seseorang, dan bisa berimbas pada relasi dengan orang lain maupun produktivitas di tempat kerja. Berikut lima tips yang bisa dicoba untuk meningkatkan kesehatan mental, seperti dikutip dari laman Wellbeing News, Senin (26/12/2022).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Makin Banyak yang Kena Kanker di Usia Muda, Mengapa Orang Zaman Sekarang Lebih Berisiko?

1. Aktif bergerak 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan kaki setiap hari dapat membantu mengurangi gejala yang terkait dengan penyakit mental seperti kecemasan dan depresi. Aktif bergerak dengan cara lain, seperti jogging dan bersepeda, juga akan meningkatkan aliran darah dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

2. Tidur malam yang nyenyak

Tidur malam yang tidak berkualitas dapat membuat seseorang menjadi sedikit pemarah dan tingkat energi terkuras. Cobalah untuk menjauhkan berbagai gangguan jelang jam tidur supaya tidur menjadi nyenyak dan merasa segar serta berenergi saat terjaga di pagi hari.

Menyantap makanan tertentu juga bisa membantu tidur nyenyak. Kudapan kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan pistachio mengandung magnesium dan seng yang baik untuk tidur dan relaksasi otot. Ikan juga baik, terutama ikan berlemak seperti salmon dan tuna karena kaya vitamin D dan omega-3 yang mengatur siklus tidur.

3. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Berita Lainnya:
Dokter: Kesehatan Mental Pengaruhi Proses Pengobatan Kanker

Terkadang, seseorang perlu mengenyahkan berbagai hal dari pikiran dan hanya fokus pada diri sendiri. Luangkan waktu untuk diri sendiri supaya tubuh dan pikiran bisa rehat sejenak. Bisa juga dengan melakukan perawatan diri seperti pijat dan spa yang menenangkan.

4. Makanan sehat

Diet yang seimbang sangat penting agar tubuh tetap sehat. Ikan dan kacang-kacangan perlu masuk dalam menu sebab merupakan sumber protein dan lemak sehat yang baik. Blueberry juga sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Begitu juga cokelat hitam yang memuat fitonutrien, sejenis antioksidan yang baik untuk jantung.

5. Berbicara dengan orang lain

Sebagai makhluk sosial, manusia butuh untuk selalu berkomunikasi dengan orang lain dalam hidupnya. Selain berbincang dengan keluarga, teman, dan sahabat, tidak ada salahnya bergabung dalam suatu komunitas di mana para anggotanya bisa lebih mengenal satu sama lain.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi