Kamis, 25/04/2024 - 13:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Karantina Pertanian Luruskan Informasi Terkait Impor Beras Ilegal

ADVERTISEMENTS

Kepala Badan Karantina Pertanian meluruskan isu masuknya beras ilegal dari Malaysia

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

TANJUNGPINANG – Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian Bambang meluruskan terkait informasi impor produk pertanian ilegal, khususnya beras dari luar negeri melalui Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Dari informasi yang diterima karantina pertanian, kata dia, ada puluhan hingga ratusan karung beras ilegal yang masuk dari negeri jiran Malaysia dan Singapura.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Ternyata, informasi itu tidak benar. Cuma isu saja,” kata Bambang di Tanjungpinang, Selasa (27/12/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurutnya kondisi yang terjadi di lapangan ialah masyarakat/penumpang asal Kepri yang pulang dari Malaysia atau Singapura membawa beras ukuran 2 hingga 10 kilogram. Beras itu sudah melalui pemeriksaan karantina pertanian di pintu kedatangan guna memastikan produk makanan tersebut bebas dari hama penyakit.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kementan Pompanisasi Sawah Tadah Hujan Pertanian di Banten

“Kalau itu kita maklum, barangkali masyarakat mau coba makan beras dari luar negeri, jumlahnya pun sedikit,” kata Bambang di Tanjungpinang, Senin.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Selain itu, Bambang juga memastikan pelayanan karantina berjalan lancar dan ketersediaan pangan tetap stabil pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Dalam upaya meningkatkan pengawasan lalu lintas komoditas pertanian, ia mengajak seluruh unsur pemerintahan daerah terus meningkatkan sinergi untuk bersama-sama melakukan pengawasan.

Berita Lainnya:
Kementan Sebut tak Pernah Persulit Izin Impor Melalui RIPH

“Menjaga kelestarian sumber daya alam adalah tanggung jawab bersama. Mari bersama-sama kita lakukan upaya melindungi negeri ini dari ancaman masuk dan tersebarnya hama penyakit,” ujar Bambang.

Menurutnya memperlancar arus distribusi dari sentra produksi ke pasar merupakan intervensi sesuai dengan arahan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo agar penyediaan bahan pangan saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Dengan demikian, percepatan layanan karantina yang sejalan dengan pengawasan keamanan pangan menjadi prioritasnya dan jajaran karantina pertanian.

“Kami terus meningkatkan sinergitas dengan instansi terkait dan pihak keamanan TNI/Polri guna mengawal ketersediaan pangan di Tanah Air,” ungkap Bambang.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi