Jumat, 19/04/2024 - 04:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Putin Larang Ekspor Minyak Rusia untuk Negara yang Batasi Harga

ADVERTISEMENTS

Putin melarang pengiriman minyak selama lima bulan ke negara yang batasi harga

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

MOSKOW — Presiden Rusia, Vladimir Putin menyampaikan respon yang sudah lama ditunggu soal langkah Barat membatasi harga minyak Rusia. Ia menandatangi dekrit yang melarang pengiriman minyak mentah dan produk minyak selama lima bulan ke negara yang mematuhi pembatasan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dekrit Putin mulai berlaku pada 1 Februari mendatang. Bulan ini kelompok negara G-7, Uni Eropa dan Australia sepakat membatasi harga minyak mentah Rusia sebesar 60 dolar AS per barel. Kesepakatan yang berlaku sejak 5 Desember itu untuk menekan Rusia atas invasinya ke Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Putin: Rusia Siap Memerangi Ancaman Terorisme

Batasan harga itu tidak jauh dari harga minyak mentah Rusia saat ini. Tapi mencegah Moskow mendapatkan keuntungan tak terduga pada tahun ini dan membantu meringankan dampak sanksi-sanksi dari Barat.

Rusia merupakan eksportir minyak terbesar kedua setelah Arab Saudi. Gangguan pada penjualan minyaknya akan berdampak pada pasokan energi dunia.

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dekrit Putin dirilis di situs pemerintah dan Kremlin pada Rabu (28/12/2022). Sebagai respon langsung pada “Tindakan tak bersahabat dan bertolak belakang dengan hukum internasional yang dilakukan Amerika Serikat dan negara asing dan organisasi internasional yang bergabung dengannya.”

Berita Lainnya:
Sekutu-sekutu NATO Ingin Kirim Lebih Banyak Bantuan ke Ukraina

“Dilarang mengirimkan minyak dan produk minyak Rusia ke entitas dan individu asing, yang syarat dalam kontrak-kontrak pasokannya menggunakan mekanisme penetapan harga maksimal secara langsung maupun tidak langsung,” kata dekrit tersebut.

“Larangan ditetapkan berlaku pada semua tahapan pasokan sampai ke pembeli terakhir.”

Dalam dekrit itu terdapat klausa yang mengatakan Putin dapat mengesampingkan keputusan ini di kasus-kasus khusus. “Ini berlaku dari 1 Februari 2023 sampai 1 Juli 2023.”

Larangan pengiriman minyak mentah berlaku mulai 1 Februari. Tapi larangan pengiriman produk minyak bisa dilakukan setelah 1 Februari.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi