Rabu, 24/04/2024 - 10:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Wapres: Perlu Keseimbangan Ekosistem Agar tidak Mematikan Pers

ADVERTISEMENTS

Negara diharapkan dapat hadir untuk membuat ekosistem media lebih kondusif.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai perlunya keseimbangan dalam ekosistem pers. Keseimbangan ini dibutuhkan untuk melindungi kelangsungan hidup media massa di dalam negeri di tengah gempuran disrupsi digital.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Istilah yang tadi saya dengar, perlu adanya keseimbangan baru sehingga media kita, media dalam negeri kita dapat terlindungi melalui berbagai aturan yang bisa memberikan perlindungan kepada mereka,” kata Kiai Ma’ruf saat menggelar silaturahmi dengan jajaran pemimpin redaksi media massa dan organisasi pers untuk mendengar sejumlah aspirasi dan juga permasalahan media di Kediaman Resmi Wapres Jalan Diponegoro No 2 Jakarta Pusat, Rabu (28/12/2022) malam.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Usai mendengar sejumlah permasalahan yang dihadapi media massa saat ini, Kiai Ma’ruf menilai industri pers saat ini tidak dalam keadaan baik-baik saja. “Bahkan, ada yang mengatakan sudah dalam keadaan darurat,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Karena itu, wapres menuturkan akan berupaya mencarikan solusi agar eksistensi pers sebagai salah satu pilar demokrasi dapat tetap terjaga. “Oleh karena itu, dari hasil pantauan yang tadi kami dengar, kami ingin coba memfasilitasi supaya dibangun ekosistem yang tidak mematikan salah satu pihak,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Hasto: Harun Masiku adalah Korban Pemerasan Oknum KPU

 

Kiai Ma’ruf akan mengoordinasikan kepada para pemangku kepentingan untuk dapat menjaga kondusifitas pers agar berjalan sebagaimana mestinya. “Saya akan mencoba memfasilitasi dan mengomunikasikan agar pemerintah bisa hadir menjembatani situasi yang tidak baik-baik saja itu,” ujar wapres.

Ketua Forum Pemred Arifin Asydhad memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang diinisiasi oleh wapres sebagai bentuk nyata pemerintah hadir untuk media. Arifin pun menyebut salah satu permasalahan media mainstream yaitu kehadiran informasi dari media baru yang merupakan dampak dari kemajuan teknologi.

“Media mainstream itu tidak memegang kendali karena memang tidak bisa kita nafikkan juga kedatangan dari teknologi informasi. Tapi kalau ini kita biarkan tentu keberadaan media kita semakin luruh,” katanya.

Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wens Manggut, mengungkapkan adanya ketidaksetaraan pendapatan iklan antara media mainstream dan platform media sosial, serta mengenai pajak. Karena itu, ia berharap negara dapat hadir untuk membuat ekosistem media lebih kondusif.

Berita Lainnya:
Wapres: Pengembangan Ekonomi Syariah Harus Selaras Prioritas Pembangunan Daerah

Dewan Penasihat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang juga penulis buku “Media Massa Nasional Menghadapi Disrupsi Digital” Agus Sudibyo menyebutkan, kehadiran media baru belum bisa menggantikan fungsi-fungsi demokratis publik yang selama ini dijalankan oleh media konvensional. Sehingga ia mengharapkan negara mengambil peran untuk dapat mencapai keseimbangan dari kehadiran media baru tersebut.

“Untuk mencapai keseimbangan baru ini, dalam konteks platform global diperlukan intervensi negara. Dalam rezim manapun harus dikendalikan untuk kepentingan publik, untuk kepentingan negara,” kata Agus.

Dalam pertemuan, hadir sejumlah 18 perwakilan insan pers yang memaparkan aspirasi dan permasalahan yang dihadapi media saat ini kepada Wapres. Dalam pertemuan yang berlangsung hangat ini, Wapres akan menindaklanjuti masukan, saran, dan aspirasi insan pers untuk dinamika industri media yang lebih kondusif dan semakin maju.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi