Sabtu, 20/04/2024 - 16:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Tiga Faedah Mengingat Kematian

ADVERTISEMENTS

Siapa yang sering ingat kematian, akan dimuliakan dengan tiga hal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Ulama sufi Syekh Abu Bakar Ad-Daqqaq menyampaikan pemaparan tentang tiga faedah saat seseorang mengingat kematian. Dia juga menyampaikan ihwal apa yang akan diterima seseorang ketika lupa akan kematian.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Siapa yang sering ingat kematian, akan dimuliakan dengan tiga hal, yaitu cepat bertobat, hati yang qana’ah dan semangat dalam beribadah. Dan siapa yang lupa akan kematian, akan diberi sanksi tiga hal, yaitu lambat bertaubat, tidak puas dengan pemberian Allah dan malas beribadah. Karena itu berpikirlah wahai orang yang tertipu akan kematian dan saat-saat yang krusial ketika kamu sedang sekarat,” demikian perkataan Ad-Daqqaq, seperti dikutip dari buku tafsir Kementerian Agama.

ADVERTISEMENTS

Kematian itu suci, sehingga dengan demikian, manusia dilarang menjumpai kematian dengan cara yang terkutuk. Misalnya dengan bunuh diri, atau membunuh orang lain. Bunuh diri dan membunuh orang lain adalah perbuatan terkutuk dan dosa besar. Termasuk menginginkan mati, adalah sesuatu yang tidak terpuji.

Berita Lainnya:
Mencari Hakikat Harta Karun? Simak Kisah Orang Kaya Sombong dari Bani Israil

Kematian adalah urusan Allah, dan manusia tidak dibenarkan berputus asa. Kematian dan kehidupan diciptakan untuk menguji manusia. Kematian pasti datang pada saat yang telah ditentukan. Dan ketika kematian menjemputnya, tidak ada makhluk yang dapat menghalanginya.

“Katakanlah (Muhammad), ‘Aku tidak kuasa menolak mudarat maupun mendatangkan manfaat kepada diriku, kecuali apa yang Allah kehendaki.’ Bagi setiap umat mempunyai ajal (batas waktu). Apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun.” (QS Yunus ayat 49)

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Allah SWT juga berfirman, “Dan Allah telah menciptakan kamu, kemudian mewafatkanmu, di antara kamu ada yang dikembalikan kepada usia yang tua renta (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang pernah diketahuinya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahakuasa.” (QS An-Nahl ayat 70)

Berita Lainnya:
Zakat Mal, Apakah Harus Ditunaikan Ketika Puasa Ramadhan?

Rasulullah SAW juga telah berpesan tentang faedah mengingat kematian. Beliau SAW bersabda, “Perbanyaklah mengingat sesuatu yang dapat melenyapkan kenikmatan kenikmatan, yakni kematian.” (HR At-Tirmidzi dari Abu Hurairah)

Kematian tidak dilandaskan pada faktor umur, waktu, atau penyakit. Ayat Alquran dan hadits sebagaimana telah disebutkan, menunjukkan bahwa kematian adalah supaya manusia senantiasa siap menghadapinya, kapan pun dan di mana pun.

Persiapan yang dimaksud tentu dengan banyak melakukan amal ibadah di mana pun dan kapan pun. Nabi Muhammad SAW juga mengingatkan untuk selalu memberi manfaat kepada orang lain selama menjalani kehidupan. Beliau SAW bersabda, “Manusia yang terbaik adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada orang lain.”

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi