Rabu, 24/04/2024 - 10:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Raja Yordania Siap Konflik Bila Ada yang Ubah Status Quo Al Aqsa

ADVERTISEMENTS

Yordania adalah penjaga kompleks Al Aqsa, rumah bagi situs tersuci ketiga Islam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

AMMAN — Raja Yordania Abdullah II mengatakan siap menghadapi konflik apabila status quo tempat-tempat suci di Yerusalem Timur berubah. Seperti dilansir The New Arab, Jumat (30/12/2022), Abdullah II memperingatkan garis merah tentang status quo tempat-tempat suci di Yerusalem tidak boleh dilanggar siapapun.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Jika orang ingin berkonflik dengan kami, kami cukup siap,” kata penguasa Yordania dalam wawancara ekslusif dengan CNN awal bulan ini.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Wawancara itu sendiri diadakan di Tepi Timur Sungai Yordan di mana banyak orang meyakini sebagai tempat Yesus disucikan. Lokasi itu secara simbolis penting ketika raja berbicara tentang kehadiran Kristen kuno di Yordania dan Yerusalem, dan kesulitan yang mereka hadapi karena kebijakan Israel.

ADVERTISEMENTS

“Saya selalu percaya bahwa, mari kita lihat gelasnya setengah penuh, tetapi kita memiliki garis merah tertentu. Dan jika orang ingin mendorong garis merah itu, maka kita akan menghadapinya,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Ketahuilah Masjid Al Aqsa Bukan Cuma Dome of The Rock, Simak 7 Fakta Penting Ini

 

Raja menyatakan keprihatinan negaranya ada orang-orang di Israel yang mencoba mendorong perubahan dalam perwalian Yordania atas tempat-tempat suci Kristen dan Muslim di Yerusalem Timur. Israel merebut Yerusalem Timur bersama dengan Tepi Barat dan Jalur Gaza pada 1967. Yordania adalah penjaga kompleks Al-Aqsa, rumah bagi situs tersuci ketiga Islam.

“Kami adalah penjaga situs suci Kristen dan Muslim di Yerusalem; kekhawatiran saya adalah bahwa ada tantangan yang dihadapi gereja-gereja dari kebijakan di lapangan. Jika kami terus menggunakan Yerusalem sebagai kotak sabun untuk politik, semuanya bisa keluar. kendali dengan sangat, sangat cepat,” kata Abdullah II memperingatkan.

Hubungan raja dengan petahana Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah tegang selama bertahun-tahun, bahkan sejak pemerintahan terakhir yang terakhir, dan akan memburuk karena masalah tempat suci Yerusalem dan masalah lainnya.

Kabinet baru Israel akan dilantik minggu ini dan diyakini sebagai pemerintahan sayap kanan Israel yang paling keras. Tokoh kontroversial seperti Itamar Ben-Gvir – yang akan menjadi menteri keamanan nasional – diperkirakan akan menjadi tantangan bagi hubungan Yordania yang sudah tidak stabil dengan Israel, yang terjalin hampir dua dekade lalu.

Berita Lainnya:
Surat Jaminan Umar Bin Khattab untuk Umat Nasrani dan Gereja Ini Menginspirasi Dunia

Menyinggung ketegangan yang meningkat di wilayah Palestina yang diduduki, Raja Abdullah juga memperingatkan setiap intifada ketiga Palestina akan menyebabkan pelanggaran hukum sepenuhnya.

“Kita harus khawatir tentang intifada berikutnya dan jika itu terjadi, itu adalah pelanggaran hukum dan ketertiban yang lengkap dan yang tidak akan diuntungkan oleh Israel maupun Palestina.Saya pikir ada banyak perhatian dari kita semua di kawasan ini, termasuk di Israel yang berada di pihak kita dalam masalah ini, untuk memastikan hal itu tidak terjadi,” tambahnya.

Otoritas Israel telah membunuh lebih dari 125 warga Palestina tahun ini di Tepi Barat dalam penggerebekan. Setidaknya 26 orang Israel juga telah tewas dalam serangan di Israel dan wilayah Palestina. Utusan Timur Tengah PBB mengatakan 2022 akan menjadi tahun paling mematikan bagi warga Palestina di Tepi Barat sejak PBB mulai melacak korban jiwa pada 2005

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi