Rabu, 24/04/2024 - 06:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Cina Tuding AS Sesatkan Opini Publik Soal Insiden Pesawat di LCS

ADVERTISEMENTS

AS menentang klaim teritorial Cina atas wilayah perairan strategis Laut Cina Selatan

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

BEIJING — Pemerintah Cina menuding Amerika Serikat (AS) telah secara sengaja menyesatkan opini publik terkait insiden yang melibatkan pesawat tempur kedua negara di wilayah  Laut Cina Selatan (LCS). Beijing kembali meminta Washington berhenti melakukan aksi provokatif di wilayah tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“AS dengan sengaja menyesatkan opini publik, dalam upaya membingungkan khalayak internasional,” kata juru bicara Komando Teater Selatan Cina Tian Junli, dalam sebuah pernyataan Sabtu (31/12/2022) malam.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pernyataan Tian itu terkait insiden yang melibatkan pesawat tempur kedua negara di atas wilayah LCS. Pada Kamis (29/12/2022) lalu, militer AS mengungkapkan, jet tempur Angkatan Laut Cina J-11 datang dan membayangi pesawat RC-135 milik Angkatan Udara AS dalam jarak tiga meter saat terbang di atas LCS.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kemendag: Harga CPO Naik Dipengaruhi Minyak Nabati di China dan AS

Menurut AS, hal tersebut memaksa pesawat tempur mereka melakukan manuver mengelak untuk menghindari tubrukan. Peristiwa itu terjadi pada 21 Desember 2022 lalu. Namun Tian Junli menilai keterangan militer AS adalah sebuah penyesatan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Tian menekankan, pesawat AS telah melanggar hukum internasional dengan terbang di atas LCS. Terkait peristiwa 21 Desember 2022 lalu, Tian mengklaim, pesawat AS mengabaikan peringatan berulang dan melakukan pendekatan berbahaya yang mengancam keselamatan pesawat Cina.

Berita Lainnya:
Cerita Horor di Crocus City Hall

“Kami dengan sungguh-sungguh meminta pihak AS untuk menahan tindakan angkatan laut dan udara garis depan, secara ketat mematuhi hukum dan perjanjian internasional terkait, serta mencegah kecelakaan di laut dan udara,” kata Tian.

Cina diketahui mengklaim sebagian besar wilayah LCS sebagai bagian dari teritorialnya. Klaim itu ditolak sejumlah negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Vietnam. Taiwan, yang hubungannya kerap memanas dengan Cina, turut menolak klaim tersebut. Sama seperti negara-negara terkait, AS pun menentang klaim teritorial Cina atas wilayah perairan strategis itu.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi